PENGARUH PENERAPAN E-PROCUREMENT SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH DAN KOMPETENSI SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PENGADAAN BARANG DAN JASA (Survey pada Pemerintah daerah di wilayah Bandung Raya)

Lea Rahman Lezimat, 134020209 and Pembimbing I, Ruslina Lisda, S.E., MSi., Ak., CA (2018) PENGARUH PENERAPAN E-PROCUREMENT SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH DAN KOMPETENSI SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PENGADAAN BARANG DAN JASA (Survey pada Pemerintah daerah di wilayah Bandung Raya). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover Lea.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Lea.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK lea.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I lea.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II lea.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III lea.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA lea.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan e-procurement, sistem pengendalian internal pemerintah, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap pencegahan fraud. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 54 orang dalam kelompok kerja pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah di wilayah Bandung Raya, 48 orang di antaranya dijadikan sampel penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui data primer dengan menyebar kuisioner. Dalam penelitian ini, digunakan probability sampling. Teknik ini dilakukan melalui simple random sampling. Analisis-analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, uji asumsi klasik, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa pengaruh penerapan e-procurement terhadap pencegahan fraud adalah sebesar 18%, pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah terhadap pencegahan fraud adalah 27,2%, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap pencegahan fraud adalah 20,3%. Sedangkan secara simultan, penerapan e-procurement, sistem pengendalian internal pemerintah, dan kompetensi sumberdaya manusia terhadap pencegahan fraud memberikan pengaruh 65,5% dan sisanya, yaitu sebesar 34,5%, merupakan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dari peneliti sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah pengaruh whistleblowing, e-audit, dan peningkatan kultur organisasi, serta faktor-faktor lainnya. Kata Kunci: Penerapan e-procurement, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Pencegahan fraud pengadaan barang dan jasa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:13
Last Modified: 06 Mar 2019 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41183

Actions (login required)

View Item View Item