ANALISIS KECELAKAAN KERJA UNTUK MEMINIMASI POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY (HAZOP) (Studi Kasus: PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk Divisi Sewing)

ILYAS ALFARITSY, 143010095 and Apep Rachmat, DS and Iman Firmansyah, DS (2019) ANALISIS KECELAKAAN KERJA UNTUK MEMINIMASI POTENSI BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY (HAZOP) (Studi Kasus: PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk Divisi Sewing). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ILYAS ALFARITSY_143010095_TEKNIK INDUSTRI.docx

Download (268kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu faktor penting dalam kelancaran perusahaan dalam membuat produk, sehingga program Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus diterapkan diperusahaan. Kecelakaan kerja merupakan kecelakaan yang terjadi dalam lingkungan kerja yang dapat terjadi karena kondisi lingkungan kerja yang tidak aman dan sikap pekerja. Peran keselamatan dan kesehatan kerja berkontribusi dalam upaya perlindungan kesehatan para pekerja, dan menciptakan sistem kerja yang aman atau yang mempunyai potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan kerja. Masalah kesehatan dan keselamatan kerja pada PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk masih perlu mendapatkan perhatian dan perbaikan, berdasarkan data kecelakaan kerja pada tahun 2015, terdapat tingkat risiko kecelakaan kerja bersifat ringan maupun tinggi. Pencegahan kecelakaan kerja merupakan hal yang harus dilaksanakan dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi bahaya pada PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk dalam proses pembuatan bagian upper pada departemen sewing dimana tujuannya adalah membantu perusahaan memberikan suatu usulan dalam meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja dalam melakukan aktivitas pekerjaannya sehingga meningkatkan produktivitas kerja. Metode yang digunakan dalam penyusulan laporan tugas akhir ini adalah metode Hazzard and Operability study (HAZOP). HAZOP adalah teknik analisis risiko yang digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan bahaya dalam proses fasilitas/plant pada lingkungan atau sistem yang ada, dengan cara melakukan penilaian risiko dari bahaya yang ada, kemudian dilakukan suatu pengendalian risiko agar dapat meminimalisir tingkat potensi kecelakaan. Dari hasil pengamatan di dapatkan beberapa potensi bahaya yang di analisis menjadi beberapa masukan untuk perusahaan, agar lebih memberikan perhatian khusus untuk para pekerja agar lebih tertib dan sesuai aturan perusahaan yang telah dibuat. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi berupa pentingnya melakukan pengawasan manajemen K3, agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan pada saat bekerja. pelatihan K3 tentang penggunaan APD, Worksheet penggunaan APD pada tiap mesin yang digunakan pekerja, dan penyelenggaraan Safety talk rutin. Kata kunci: Kesehatan, Keselamatan Kerja, Potensi Bahaya, HAZOP, Kecelakaan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:29
Last Modified: 06 Mar 2019 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41152

Actions (login required)

View Item View Item