TINJAUAN YURIDIS TENTANG SENGKETA PEMBIAYAAN MURABAHAH ANTARA PT. BNI SYARIAH PRABUMULIH DENGAN PETANI KARET DIHUBUNGKAN DENGAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES)

Wendah Mediawati, 131000096 (2018) TINJAUAN YURIDIS TENTANG SENGKETA PEMBIAYAAN MURABAHAH ANTARA PT. BNI SYARIAH PRABUMULIH DENGAN PETANI KARET DIHUBUNGKAN DENGAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB III.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
I. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
J. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan asas ridha’yyah bahwa transaksi murabahah harus rela sama rela. Artinya semua persyaratan dan ketentuan baik lembaga keuangan maupun nasabah sudah memenuhi syarat yang telah di tentukan dalam pasal 1 ayat (13) UU No. 10 Tahun 1998. Namun dimasyarakat terjadi gugat menggugat antara lembaga keuangan dengan nasabah sebagai mana tertuang dalam Putusan Nomor : 0945/PDT.G/2014/PA.ME. Dimasyarakat telah terjadi perjanjian wanprestasi akad pembiayaan murabahah antara PT. BNI SYARIAH PRABUMULIH dengan Petani Karet, sebagaimana tertuang dalam Perkara Nomor : 0945/PDT.G/2014/PA.ME pada Pengadilan Agama Muara Enim. Yang dalam isi gugatannya penggugat (BANK BNI SYARIAH) menggugat Petani Karet karena tergugat (Petani Karet) telah melakukan perjanjian akad pembiayaan murabahah. Sehingga fokus kajian dalam penulisan ini adalah Bagaimana peraturan perundang-undang mengatur tentang transaksi murabahah antara PT.BNI Syari’ah dengan petani karet, Bagaimana pelaksanaan pembiayaan murabahah antara PT.BNI Syari’ah dengan petani karet dimasyarakat dan Bagaimana solusi/alternatif penyelesaian perkara pembiayaan murabahah antara PT.BNI Syari’ah dengan petani karet. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah menggunakan metode Deskriptif Analitis, yaitu suatu metode penelitian dengan mengungkapkan masalah, mengolah data, menganalisis, meneliti, dan menginterprestasikan serta membuat kesimpulan dan memberi, saran yang kemudian disusun pembahasan seara sistematis sehingga masalah yang ada dapat dipahami. Hasil penelitian menujukan Tergugat (nasabah) telah melakukan perbuatan ingkar janji atau wanprestasi terhadap akad pembiayaan murabahah Nomor: 00129/866/04/2013/06, tanggal 28 Juni 2013 dan pasal 1 angka 23 Undangundang Perbankan. Sesuai dengan kaidah islam didalam Fatwa Dewan Syari‟ah Nasional (DSN) No. 04/DSN-MUI/IV/2000, hal ini telah sesuai pada putusan Mahkamah Agung No. 677/K/Ag/2009. dan segala penyelesaian kasus sebaiknya dilakukan melalui jalur Non Litigasi / Kekeluargaan (ishlah). Kata Kunci : “Perbankan Syariah dan Murabahah”

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 06 Mar 2019 05:00
Last Modified: 06 Mar 2019 05:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41144

Actions (login required)

View Item View Item