PENGARUH PERBANDINGAN BIJI CARICA DENGAN DAGING BUAH NANGKA ( Artocarpus heterophyllus lamk ) DAN LAMA PENYANGRAIAN ( ROASTING ) TERHADAP KARAKTERISTIK KOPI BUBUK RENDAH KAFEIN

Dwi Asri Mustika, 133020391 and Yusman Taufik, DS and Iyan M. Sofyan, ds (2019) PENGARUH PERBANDINGAN BIJI CARICA DENGAN DAGING BUAH NANGKA ( Artocarpus heterophyllus lamk ) DAN LAMA PENYANGRAIAN ( ROASTING ) TERHADAP KARAKTERISTIK KOPI BUBUK RENDAH KAFEIN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dwi Asri Mustika_133020391_Teknologi Pangan.pdf

Download (662kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mengetahui bagaimana pengaruh perbandingan biji carica dan daging buah nangka dan lamanya waktu penyangraian terhadap kopi bubuk rendah kafein. Manfaaatnya penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan mengenai manfaat biji carica. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk kegiatan penelitian berikutnya yang sejenis, menyebarluaskan informasi tentang diversifikasi pemanfaatan biji carica dan sebagai alternatif minuman kopi rendah kafein. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3 dan ulangan sebanyak 3 kali. faktor yang pertama yaitu perbandingan biji carica dan daging buah nangka (P) yang terdiri dari 3 taraf yaitu p1 1:1 (50% : 50%), p2 1:3 (25% : 75%), p3 3:1 (75% : 25%). Faktor yang kedua yaitu Lama penyangraian (G) yang terdiri dari 3 taraf g1 (10 menit), g2 (15 menit) dan g3 (20 menit). Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis kimia (kadar air, derajat keasaman dan kadar kafein untuk sample terpilih), dan uji organoleptik (warna, rasa, dan aroma). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan biji carica dan daging buah nangka berpengaruh terhadap analisis kadar air dan aroma. Lama waktu Penyangraian biji carica berpengaruh terhadap kadar air, derajat keasaman, warna, aroma dan rasa. Interaksi antara kedua faktor berpengaruh terhadap kadar air. Pada analisis kadar kafein sample terpilih yaitu p1g3 didapatkan hasil 0,29% yang terdapat pada produk kopi bubuk rendah kafein. Kata kunci: biji carica, nangka, lama penyangraian, kafein, kopi rendah kafein.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:16
Last Modified: 05 Mar 2019 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41100

Actions (login required)

View Item View Item