PENGARUH pH DAN KONSENTRASI SARI BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELI IKAN LELE (Clarias sp.)

Istianatul Fajriyah, 143020390 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Yudi Garnida, DS (2019) PENGARUH pH DAN KONSENTRASI SARI BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELI IKAN LELE (Clarias sp.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Istianatul Fajriyah_143020390_Teknologi Pangan.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pH dan penambahan konsentrasi bunga telang terhadap karakteristik minuman jeli ikan lele yang mendukung program diversifikasi produk olahan pangan. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu membuat sari bunga telang dengan pH yang berbeda, pH yang digunakan adalah 4, 6, dan 8. Hasil dipilih berdasarkan penilaian warna dengan metode kolorimetri. Penelitian utama yang dilakukan yaitu menentukan nilai pH terpilih dan mengetahui pengaruh konsentrasi bunga telang yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial 3x3 dalam rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (pH) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (pH 5), a2 (pH 6), dan a3(pH 7) dan faktor B (Konsentrasi bunga telang) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (40%), b2 (45%), dan b3 (50%). Respon yang dilakukan dalam penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar air metode destilasi, aktivitas antioksidan metode DPPH, dan nilai pH. Respon fisik meliputi viskositas metode spindel, uji warna metode kolorimetri, dan respon organoleptik (uji hedonik) terhadap atribut warna, rasa, aroma, dan tekstur. Derajat keasaman (pH) berpengaruh terhadap respon nilai pH, viskositas, dan kolorimetri, namun tidak berpengaruh terhadap respon kadar air, warna, aroma, rasa, dan tekstur. Konsentrasi bunga telang berpengaruh terhadap respon kadar air, nilai pH, viskositas, kolorimetri, warna, dan tekstur, namun tidak berpengaruh terhadap respon rasa dan aroma. Faktor antara pH dan konsentrasi bunga telang berpengaruh terhadap respon viskositas, kolorimetri, dan nilai pH, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, warna, aroma, rasa, dan tekstur. Kata Kunci : Ikan Lele, pH, Bunga Telang, Minuman Jeli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:33
Last Modified: 04 Mar 2019 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41082

Actions (login required)

View Item View Item