RENCANA PENGENDALIAN BAHAN BAKU MULTI ITEM DENGAN KENDALA MODAL KERJA (Capital Working) (STUDI KASUS : PABRIK CENDOL ELIZABETH BANDUNG)

HANISA NUR‘AINI, 143010152 and Sutarman, DS (2019) RENCANA PENGENDALIAN BAHAN BAKU MULTI ITEM DENGAN KENDALA MODAL KERJA (Capital Working) (STUDI KASUS : PABRIK CENDOL ELIZABETH BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Hanisa Nur'Aini_143010152_Teknik Industri.pdf

Download (293kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perencanaan pengendalian persediaan bukanlah suatu hal yang mudah. Jumlah persediaan bahan baku yang besar akan mengakibatkan timbulnya dana persediaan yang besar, dan jika persediaan bahan baku yang selalu kurang akan mengakibatkan timbulnya biaya persediaan yang lebih besar pula. Pabrik “Cendol Elizabeth” termasuk kategori usaha kecil dan menengah yang berproduksi di daerah Bandung. Pabrik ini beridiri sejak tahun 1972 dan memproduksi beberapa jenis minuman segar yang terletak di Jl. Inhoftank Bandung. Selama ini pabrik “Cendol Elizabeth” melakukan pemesanan bahan baku kepada supplier hanya dengan mengira-ngira, ketika permintaan pembelian produk melonjak tinggi, seringkali pabrik membeli bahan baku tambahan agar dapat memenuhi kebutuhannya. Dalam penelitian Tugas Akhir ini perencanaan bahan bakunya dihitung dengan menggunakan MRP yang sebelumnya menentukan jumlah perencanaan permintaan produk dengan menggunakan jadwal induk produksi. Setelah mengetahui jumlah kebutuhan bahan baku maka untuk menentukan jumlah pemesanan bahan baku menggunakan metode Economic Order Quantiti Multi Item dengan memperhitungkan kendala modal kerja yang dimiliki oleh perusahaan. Dari hasil perhitungan jumlah kuantitas bahan baku tersebut maka biaya persediaan yaitu sebesar Rp. 391.346.646,82.-. Dari hasil total perhitungan biaya persediaan tersebut maka akan dibandingkan dengan total biaya persediaan bahan baku yang dimiliki oleh perusahaan, yaitu sebesar Rp. 200.000.000,-. Maka dari itu penulis menghitungkan kembali pemesan optimum agar dapat memenuhi kebutuhan dengan modal kerja yang ada. Hasil perhitungan yang baru didapatkan jumlah kuantitas kebutuhan bahan baku optimum tersebut maka akan memenuhi dengan modal kerja yang dimiliki oleh pabrik cendol Elizabeth dengan frekuensi pemesanan yang sering. Setelah memperhitungkan kendala modal kerja yang dimiliki oleh pabrik cendol Elizabeth maka biaya persediaan yang harus dikeluarkan yaitu sebesar Rp. 1,550,570,784.56 dalam setahun. Kata Kunci : Peramalan, Jadwal Induk Produksi, MRP, EOQ Multi Item, Lagrange Multiplie

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:09
Last Modified: 04 Mar 2019 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41070

Actions (login required)

View Item View Item