ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HABITS OF MIND MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU BERDASARKAN GENDER MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING

Fatiya Trisaputri, NPM : 178060020 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HABITS OF MIND MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU BERDASARKAN GENDER MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Fatiya Trisaputri.rtf

Download (94kB)

Abstract

Abstrak : Kemampuan literasi matematik, kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind matematis siswa merupakan beberapa hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Gender dapat mempengaruhi perbedaan dalam kemampuan dan kebiasaan berpikir matematis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan literasi, kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind matematis ditinjau berdasarkan gender; (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan literasi dan pemecahan masalah matematik setelah mendapatkan pembelajaran; (3) mengetahui hubungan di antara kemampuan literari, kemampuan pemecahan masalah matematik dan habits of mind matematis. Penelitian ini menggunakan mix method tipe embedded design. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan literasi matematik siswa lebih baik yang memperoleh pembelajaran Reciprocal Teaching. Kemampuan literasi matematik siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki pada kedua kelas; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa lebih baik yang memperoleh pembelajaran Reciprocal Teaching. Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki pada kelas Reciprocal Teaching dan kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan tidak lebih baik daripada siswa laki-laki pada kelas konvensional; (3) Habits of Mind matematis siswa memiliki presentase lebih tinggi yang memperoleh pembelajaran Reciprocal Teaching. Habits of Mind matematis siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki pada kedua kelas; (4) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa terjadi peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan literasi matematik siswa; (5) Terdapat korelasi antara kemampuan literasi dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa; (6) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan literasi dan habits of mind matematis siswa; (7) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan habits of mind matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Habits of Mind Matematis, Gender dan Reciprocal Teaching

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 02 Mar 2019 04:53
Last Modified: 02 Mar 2019 04:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41007

Actions (login required)

View Item View Item