PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SMP

Tika Lestari, NPM : 178060027 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tika Lestari.docx

Download (87kB)

Abstract

Abstrak: Tujuandaripenelitianiniuntukmengkajipeningkatankemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Olehkarenaitu, dibutuhkansuatualternatif model yang lainuntukmeningkatkankemampuantersebutkepadasiswa, salahsatu model yang dapatmeningkatkankemampuantersebutadalah model pembelajaranproblem centered learning. Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahpeningkatankemampuankemampuankomunikasimatematis, sertamotivasibelajarsiswa yanglebihbaikantara memperoleh pembelajarandengan modelproblem centered learningdengan siswa yang memperoleh pembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Penelitianinimenggunakanmetodecampuran (mixed method) tipeembedeeddesain. Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas VII-A dan VII-B SMP Indonesia Raya Bandung. Instrumenpengumpulan data dalampenelitianiniberupasoalteskemampuankomunikasimatematis, angketmotivasibelajar, lembarobservasi, sertapedomanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : 1) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learninglebihbaikdaripadasiswa yang menggunkanpembelajarankonvensional; 2) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learningtidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tua 3) motivasibelajarsiswa yang menggunakanpembelajarandengan model problem centered learning tidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa; 4) motivasibelajarsiswa yang mendapatkan model pembelajaranproblem centered learninglebihtinggidaripadakelas yang menggunakan model pembelajarankonvensional 5) terdapathubungan yang signifikanantarakemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswa; 6) Tidakterdapatpengaruhpositifkemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswabiladitijaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Kata Kunci: Model Problem Centered Learning, KemampuanKomunikasiMatematis, MotivasiBelajarSiswa, Tingkat Pendidikan Orang TuaSiswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 02 Mar 2019 02:52
Last Modified: 02 Mar 2019 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40999

Actions (login required)

View Item View Item