Tika Lestari, NPM : 178060027 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
Artikel Tika Lestari.docx Download (87kB) |
Abstract
Abstrak: Tujuandaripenelitianiniuntukmengkajipeningkatankemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Olehkarenaitu, dibutuhkansuatualternatif model yang lainuntukmeningkatkankemampuantersebutkepadasiswa, salahsatu model yang dapatmeningkatkankemampuantersebutadalah model pembelajaranproblem centered learning. Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahpeningkatankemampuankemampuankomunikasimatematis, sertamotivasibelajarsiswa yanglebihbaikantara memperoleh pembelajarandengan modelproblem centered learningdengan siswa yang memperoleh pembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Penelitianinimenggunakanmetodecampuran (mixed method) tipeembedeeddesain. Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas VII-A dan VII-B SMP Indonesia Raya Bandung. Instrumenpengumpulan data dalampenelitianiniberupasoalteskemampuankomunikasimatematis, angketmotivasibelajar, lembarobservasi, sertapedomanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : 1) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learninglebihbaikdaripadasiswa yang menggunkanpembelajarankonvensional; 2) peningkatankemampuankomunikasimatematissiswa yang menggunakanpembelajaran model problem centered learningtidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tua 3) motivasibelajarsiswa yang menggunakanpembelajarandengan model problem centered learning tidaklebihbaikdaripadasiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalditinjaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa; 4) motivasibelajarsiswa yang mendapatkan model pembelajaranproblem centered learninglebihtinggidaripadakelas yang menggunakan model pembelajarankonvensional 5) terdapathubungan yang signifikanantarakemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswa; 6) Tidakterdapatpengaruhpositifkemampuankomunikasimatematisdanmotivasibelajarsiswabiladitijaudaritingkatpendidikan orang tuasiswa. Kata Kunci: Model Problem Centered Learning, KemampuanKomunikasiMatematis, MotivasiBelajarSiswa, Tingkat Pendidikan Orang TuaSiswa.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 02 Mar 2019 02:52 |
Last Modified: | 02 Mar 2019 02:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40999 |
Actions (login required)
View Item |