ARAHAN PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DALAM UPAYA PENGALIHAN PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI DI KAWASAN PERUMAHAN KECAMATAN ANTAPANI KOTA BANDUNG

Dilla Dwi Nanda, 133060059 and Jajan Rohjan, DS and Reza Martani Surdia, Ds (2019) ARAHAN PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DALAM UPAYA PENGALIHAN PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI DI KAWASAN PERUMAHAN KECAMATAN ANTAPANI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dilla Dwi Nanda_133060059_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (853kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kawasan perumahan Kecamatan Antapani secara tidak langsung berpengaruh terhadap meningkatnya volume lalu lintas di Kota Bandung hingga menimbulkan kemacetan. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi sebesar 84,84% menyebabkan rendahnya minat penduduk untuk menggunakan kendaraan umum di kawasan tersebut khususnya angkutan kota. Berdasarkan hal tersebut timbul pertanyaan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penduduk dalam memilih moda sehingga dirumuskannya tujuan penelitian berupa arahan peningkatan pelayanan angkutan kota dalam upaya pengalihan penggunaan kendaraan pribadi di kawasan perumahan Kecamatan Antapani Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi logit biner untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pemilihan moda dari segi pelayanan moda, serta menghitung peluang pemilihan moda. Selanjutnya dilakukan analisis sensitivitas untuk mengetahui perubahan peluang dalam pemilihan moda. Selain kedua analisis tersebut, dilakukan juga analisis crosstabs untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pemilihan moda dari segi karakteristik sosial ekonomi pelaku perjalanan dan pola pergerakan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa usia berpengaruh terhadap pemilihan moda antara sepeda motor dan angkutan kota, sedangkan tingkat pendapatan dan kepemilikan kendaraan berpengaruh terhadap pemilihan moda antara mobil pribadi dan angkutan kota. Untuk perubahan peluang pemilihan sepeda motor ke angkutan kota dapat dilakukan dengan menurunkan waktu tempuh angkutan kota dan meningkatkan keandalan angkutan kota. Perbaikan waktu tempuh lebih cepat 2,5 menit/km dan mempersingkat waktu untuk menaikkan dan menurunkan penumpang menjadi 60 detik atau bahkan kurang dari 60 detik, dapat meningkatkan peluang terpilihnya angkutan kota dari 26% menjadi 47%. Adapun untuk perubahan peluang pemilihan mobil pribadi ke angkutan kota dapat dilakukan dengan meningkatkan kenyamanan dan keandalan angkutan kota. Mempersingkat waktu untuk menaikkan dan menurunkan penumpang menjadi kurang dari 60 detik dan kenyamanan angkot yang disesuaikan dengan standar pelayanan minimal angkutan atau bahkan lebih baik, dapat meningkatkan peluang terpilihnya angkutan kota dari 1% menjadi 36%. Kata Kunci: pemilihan moda, regresi logit biner, analisis crosstabs.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Mar 2019 01:39
Last Modified: 02 Mar 2019 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40995

Actions (login required)

View Item View Item