PENGARUH PERBANDINGAN SARI EDAMAME ( Glycin max L. Merrill ) DENGAN SARI BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN EDAMUBERRY

Dela Ratna Komala, 14.302.0027 and Yusman Taufik, DS and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN SARI EDAMAME ( Glycin max L. Merrill ) DENGAN SARI BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN EDAMUBERRY. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dela Ratna Komala_143020027_Teknologi Pangan.pdf

Download (519kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan sari edamame dengan sari black mulbery dan konsentrasi penstabil terhadap karakteristik minuman Edamuberry. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian utama yang dilakukan adalah membuat minuman Edamuberry dengan menggunakan penstabil CMC yang telah didapatkan dari penelitian pendahuluan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor perbandingan sari edamame dengan sari black mulberry terdiri dari tiga taraf yaitu 1:2, 1,5:1,5, 2:1, sedangkan faktor konsentrasi penstabil terdiri dari tiga taraf yaitu 0,1%, 0,2% dan 0,3%. Respon yang dianalisis adalah aroma, warna, rasa, kadar protein metode kjedahl, kadar vitamin C metode iodimetri, serta viskositas dengan viskometer. Hasil dari penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa minuman Edamuberry dengan penambahan penstabil CMC lebih disukai oleh konsumen serta mempunyai viskositas 145 mPas, total padatan terlarut 13,7oBrix dan nilai pH 5,9. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa faktor perbandingan sari edamame dengan sari black mulberry berpengaruh terhadap warna, rasa, kadar protein, kadar vitamin C dan viskositas tetapi tidak berpengaruh terhadap aroma. Faktor konsentrasi CMC berpengaruh terhadap warna, rasa dan viskositas. Serta interaksi antara perbandingan sari edamame dengan sari black mulberry dan konsentrasi CMC berpengaruh terhadap warna, rasa, dan viskositas. Sampel yang dipilih pada penelitian utama adalah sampel a1b1 (perbandingan sari edamame dengan sari black mulberry 1:2 dan konsentrasi penstabil 0,1%) dengan kadar protein 3,301%, kadar vitamin C 27,007 mg/100g dan viskositas 91,667 mPas. Kata Kunci : Sari edamame, sari black mulberry, konsentrasi penstabil, minuman Edamuberry.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:04
Last Modified: 28 Feb 2019 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40942

Actions (login required)

View Item View Item