PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI PANTUN BERFOKUS PADA MAKNA KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD TERHADAP SISWA KELAS VII SMP PELITA BANDUNG

Salma Safira, 145030046 (2019) PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI PANTUN BERFOKUS PADA MAKNA KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD TERHADAP SISWA KELAS VII SMP PELITA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. Indonesia.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. inggris.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menyimpulkan isi pantun berfokus pada makna kontekstual berkaitan dengan keterampilan membaca. Model pembelajaran student teams achievement devision bertujuan mendorong siswa untuk bekerja sama satu sama lain, berdiskusi dan salig berbagi ilmu pengetahuan, saling berkomunikasi, saling membantu untuk memahami pembelajaran. Oleh karena itu, penenliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan metode student teams achievement devision. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: 1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menyimpulkan isi jenis pantun dengan menggunakan metode STAD pada siswa kelas VII SMP Pelita Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pelita Bandung menyimpulkan isi puisi rakyat pada jenis pantun dengan menggunakan metode STAD?; 3) Efektifkah metode STAD digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metod Quasi Eksperiment dengan desain the one group pretestposttest. Adapun hasil penelitiannya adalah dari hasil prates dengan rata-rata 17,3 dan hasil postes dengan rata-rata 51,63. Perbedaan ini menunjukkan selisih 51,63 - 17,3 = 34,33, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 34,33. berdasarkan uji statistik diketahui thitung ≥ ttabel yaitu 18,10 > 3,07. Dalam tingkat kepercayaan 95% taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 31. Berdasarkan fakta tersebut, penenliti menyimpulkan bahwa peneliti berhasil melakukan pembelajaran menyimpulkan isi pantun berfokus pada makna kontekstual dengan menggunakan metode student teams achievement devision. Kata kunci: Berfokus, Menyimpulkan, Makna Kontekstual, Metode Student Teams Achievement Devision, Pembelajaran, Pantun

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:41
Last Modified: 28 Feb 2019 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40939

Actions (login required)

View Item View Item