ANALISIS BEBAN KERJA FISIK PEKERJA PENGANGKUTAN BERAS PADA DIVISI GUDANG BAHAN BAKU DENGAN METODE RULA ,RWL DAN KUISIONER NORDIC BODY MAP (STUDI KASUS : PERUM BULOG SUB DIVRE PURWAKARTA)

Permadi Wibisono, 153010177 and Erwin M Pribadi, Ds and Wahyu Katon, DS (2019) ANALISIS BEBAN KERJA FISIK PEKERJA PENGANGKUTAN BERAS PADA DIVISI GUDANG BAHAN BAKU DENGAN METODE RULA ,RWL DAN KUISIONER NORDIC BODY MAP (STUDI KASUS : PERUM BULOG SUB DIVRE PURWAKARTA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Permadi wibisono_153010177_Teknik industri.pdf

Download (728kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

BULOG adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Perum BULOG Sub Divisi Regional Purwakarta merupakan salah satu instansi yang pekerjaannya masih dilakukan secara manual, baik dari barang datang (Proses Bongkar) sampai dengan barang didistribusikan (Proses Muat) kembali. Penelitian yang dilakukan adalah menganalisis sikap kerja pekerja manual material handling di Perum BULOG Subdivre Purwakarta pada divisi gudang bahan baku untuk menganalisis apakah jenis pengangkutan beras yang dilakukan secara manual oleh pekerja manual material handling dapat mengakibatkan keluhan atau gangguan sakit pada anggota tubuh pekerja. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukkan atau saran bagi perusahaan dalam memperbaiki cara atau sikap kerja yang ergonomis untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Metedologi penelitian yang digunakan adalah metode kuisioner Nordiv body map, yaitu lembar kuisioner yang berisi 28 pertanyaan mengenai keluhan pada tubuh yang akan di sebarkan kepada 15 orang responden pekerja pengangkut beras di Perum BULOG Subdivre Purwakarta guna mengetahui apakah pekerja mengalami rasa sakit yang di akibatkan oleh proses pengangkutan secara manual. Selanjutnya adalah perhitungan RWL (Recommended Weight Limit) untuk mengetahui rekomendasi beban yang seharusnya di angkut oleh pekerja dan mengetahui nilai LI, jika nilai LI<1 maka masih dalam batas aman pengangkutan namun jika LI>1 maka di kategorikan pekerjaan yang tidak aman di lakukan, kemudian RULA (Rapid Upper Limb Assessment) untuk mengetahui RULA SCORE masuk kedalam kategori level mana untuk mengetahui sejauh mana penanganan perlu dilakukan. Dari ketiga metode ini, dapat diambil kesimpulan apakah aktivitas pekerja manual material handling perlu adanya perbaikan atau tidak dan dikatakan ergonomis atau tidak. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari metode Nordic Body Map menghasilkan data bahwa pekerja mengalami keluhan pada beberapa anggota tubuh dan perlu di lakukan perbaikan sikap kerja, RWL/LI menunjukkan bahwa aktivitas pekerjaan tersebut tidak aman untuk dilakukan. Hal ini ditandai dengan besarnya nilai LI yang semuanya diatas 1, baik untuk nilai RWL/LI origin maupun destination, untuk itu sangat diperlukan adanya perbaikan pada metode dan sistem kerja sesegera mungkin. Dengan metode RULA menunjukkan bahwa pengangkutan pengangkutan karung beras termasuk kategori level 4, skor akhir menunjukkan nilai akhir 7 yang mengindikasikan investigasi dan perubahan harus dilakukan dengan segera.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:39
Last Modified: 27 Feb 2019 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40938

Actions (login required)

View Item View Item