STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN POLIKLINIK SORE DIINSTALASI RAWAT JALAN RSUD KOTA BANDUNG FEASIBILITY STUDY OF THE DEVELOPMENT AFTERNOON POLYCLINIC INOUTPATIENT INSTALLATION RSUD KOTA BANDUNG

Teti Dini Afryani, NPM : 158020119 (2019) STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN POLIKLINIK SORE DIINSTALASI RAWAT JALAN RSUD KOTA BANDUNG FEASIBILITY STUDY OF THE DEVELOPMENT AFTERNOON POLYCLINIC INOUTPATIENT INSTALLATION RSUD KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Teti Dini Afryani.docx

Download (1MB)

Abstract

Penetlitian ini bertujuan untuk mengetahui studi kelayakan pengembangan Poliklinik Sore diInstalasi Rawat Jalan RSUD Kota Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai rekomendasi dan pertimbangan bagi manajemen dalam mengambil keputusan bagi pengembangan Poliklinik Sore di RSUD Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada instalasi rawat jalan di RSUD Kota Bandung. Metode penelitiannya menggunakan metode survei dengan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, Angket/Kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis bahwa penelitian mengenai studi kelayakan pengembangan poliklinik sore instalasi rawat jalan di RSUD Kota Bandung, layak dilaksanakan dari dan dipandang dari segi geografi dan demografi akses lancar potensi demografi area cakupan terdapat 601.408 jiwa penduduk atau Kota Bandung 84% dan 16% penduduk Kabupaten Bandung. Aspek pasar berpotensi meningkat dari 343.946 pasien tahun 2019 menjadi 425.759 di tahun 2033 saat ini kunjungan rawat jalan RSUD Kota Bandung sebesar 157.063. Aspek sosial ekonomi dengan hasil baik dengan sektor ekonomi tersier dan memiliki morbiditas tinggi area rawat jalan. Aspek legalitas tidak ada hambatan memiliki registrasi yang legal. Aspek finansial nilai NPV sebesar Rp 10,54 miliar dan nilai positif, nilai IRR mencapai 73,3%, di atas tingkat diskonto 12%. Dari hasil tersebut, dapat dikatakan tingkat pengembaliannya sangat bagus dan Payback Period dari hasil analisis pengembaliannya pada tahun kedua dengan nilai ekonomis 5 tahun. Kata kunci : Studi Kelayakan, Pengembangan, Poliklinik Sore, Instalasi rawat Jalan, Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:45
Last Modified: 27 Feb 2019 04:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40906

Actions (login required)

View Item View Item