PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN BUBUR BLACK MULBERRY (Morus nigra) DAN SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK BERAS IR 64

Evellin Irfa Meldiana, 14.302.0333 and Sumartini, DS and Yusman Taufik, DS (2019) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN BUBUR BLACK MULBERRY (Morus nigra) DAN SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK BERAS IR 64. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
EVELLIN IRFA MELDIANA_143020335_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (654kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh dari lama perendaman dalam bubur buah black mulberry dan suhu pengeringan terhadap sifat fisiko kimia beras. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan beras dengan kadar gula rendah yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan pemanfaatan buah black mulberry. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial 3 x 3 dalam rancangan petak terbagi (RPT) dengan ulangan sebanyak 3 kali, dimana faktornya meliputi : Anak petak yaitu lama perendaman dalam larutan bubur buah black mulberry (B) yang terdiri dari tiga taraf yaitu b1 (8 jam), b2 (8,5 jam), b3 (9 jam) serta petak utama yaitu suhu pengeringan (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (40⁰), a2 (50⁰) dan a3 (60⁰). Respon pada penelitian ini adalah respon kimia, fisik dan organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman berpengaruh terhadap kadar air, glukosa beras, glukosa nasi, intensitas warna beras dan nasi, respon organoleptik warna beras dan warna nasi. Suhu pengeringan berpengaruh terhadap kadar air, glukosa beras, glukosa nasi, intensitas warna beras dan nasi, respon organoleptik aroma beras, warna beras, rasa nasi, aroma nasi, dan warna nasi dan Interaksi antara lama perendaman dalam larutan bubur black mulberry (Morus nigra) dan suhu pengeringan berpengaruh terhadap glukosa nasi, intensitas warna nasi dan beras, respon organoleptik warna beras dan warna nasi. Kata Kunci : Black mulberry, beras, perendaman, pengeringan, gula, intensitas warna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:16
Last Modified: 27 Feb 2019 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40902

Actions (login required)

View Item View Item