Budaya Hip Hop di Kota Bandung StudiEtnografi KomunikasiMengenaiPemudaPecinta Hip Hop di Kota Bandung

Mulqia Idrus, 142050361 (2019) Budaya Hip Hop di Kota Bandung StudiEtnografi KomunikasiMengenaiPemudaPecinta Hip Hop di Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover.docx

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitianinimemperlihatkanbahwakomunitas Hip Hop di Kota Bandung merupakangambarandariadanyafenomenabudayadalamlingkupsosialmasyarakat. Di mana dalamkomunitas Hip Hop tersebutmenunjukanadanyainteraksi yang menggambarkanbudayadibentukdariadanyakomunikasi di dalamnya. Sebagaibentukbudaya, komunitas hip hop dalampenelitianinidiamatidariadanyaetnografikomunikasi. Komunikasiterjalinmelaluisimbol-simbol, sehinggapenelitianinimenggunakanteoriinterkasionismesimbolik.Untukitupenelitianinibertujuanuntukmengetahuisituasikomunikasi dan konteksterjadinyakomunikasi, peristiwakomunikatifdalam setting komunitas Hip Hop, dan tindakankomunikatifdalamkomunitas Hip Hop. Penelitianinimenggunakanparadigmakonstruktivismedenganmetodekualitatifdeskriptif. Subjekdalampenelitianiniadalahkomunitas hip hop di Bandung, sedangkanobjeknyayakni situasi komunikatif dan konteks terjadinya komunikasi; peristiwa komunikatif dalam setting komunitas Hip Hop; dan tindakan komunikatif dalam komunitas Hip Hop. Prosedurpengumpulan data melaluiobservasi, wawancara dan studidokumentasi. Rancangananalisis data melaluipengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitianmenunjukanbahwa: 1) Situasikomunikasi dan konteksterjadinyakomunikasidalamkomunitaship hopdiperlihatkanmelaluiadanyakesamaantujuanutamayaknimenambahteman dan relasisertamemperluaswawasan dan kesempatandalam scene hip hop. Topikumum yang dibahasutamanyaberupaupayamenjagaeksistensihip hopdenganmengadakan dan telibatdalamberbagai acara termasukproduksilaguhip hop di dalamnya. 2) Peristiwakomunikatifdalam setting komunitaship hopmenunjukankomunikasi verbal yang secaraumummenggunakanbahasa Indonesia non formal.Untuksaatini, gaya Hip Hop sekaranglebihcondongmenunjukanbahwakomunitaship hop di Bandung lebihbanyakberalirannew schoolyangterlihatdarilebihcasualnyadengansedikitaksesoris dan pakaian yang lebih fit di badan. Media nirmassa yang digunakanyakniWhatsapp dan media sosial Instagram. Sedangkan media massayang digunakan oleh komunitas Hip Hop Bandung yakni radio dan Youtubesebagaipilihan media berbasis internet yang representatifmenjangkausegmentasihip hopyang lebihluas. 3) Tindakankomunikatifdalamkomunitaship hopdirepresentasikanmelaluikemampuanmembuatlagu yang bercirimemperlihatkan mood, sifat, pengetahuan, pengalamanhidup dan hal-hal yang berkaitandenganpersonalitaspembuatnya, lirik yang mudahdicernasertapenggunaanbahasaatauperistilahan yang dekatdengananakmudadenganpemilihanbahasa yang tidakterlalu formal. Sedangkanpesanlewatlagumerupakanhasildariinteraksiantarapenulislaguterkaitpermasalahansosial, misalnyamengangkatisusosial,nilai-nilaioptimisme, dan fenomenasosiallainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Feb 2019 02:16
Last Modified: 27 Feb 2019 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40882

Actions (login required)

View Item View Item