PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN GURU DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU YANG DIMODERASI OLEH TUNJANGAN PROFESI GURU SMK SWASTA DI PROVINSI JAWA BARAT

Astri Wulandari, NPM : 159010024 (2018) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN GURU DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU YANG DIMODERASI OLEH TUNJANGAN PROFESI GURU SMK SWASTA DI PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Astri Wulandari.docx

Download (108kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap komitment guru dan dampaknya terhadap kinerja guru yang dimoderasi oleh tunjangan sertifikasi profesi guru SMK Swasta di Provinsi Jawa Barat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru tetap SMK Swasta di provinsi Jawa Barat yang sudah bersetifikasi tunjangan sertifikasi profesi guru. Teknik pengambilan sampel berdasarkan pengambilan sampel berdasarkan kalster wilayah atau disebut dengan teknik Cluster Stratified Random Sampling, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan yang bersifat obyektif, mencakup pengumpulan dan anlisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistic, Sedangkan metode penelitian menggunakan descriptive survey dan explanatory surver. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Jumlah responden 358 guru SMK yang sudah memiliki tunjangan serifikasi guru. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan model pengukuran (CFA) Hasil penelitian dalam peningkatan pengaruh kompetensi, motivasi, budaya organisasi terhadap komitmen, berpengaruh terhadap kinerja yang dimoderasi oleh tunjangan sertifikasi guru, maka disarankan untuk lebih meningkatkan komitmen dari dinas kependidikan dan dari guru itu sendiri, yang lebih nyata, lebih efektif dan berkesinambungan. Kegiatan pengumpulan data dilakukan, angket yang akan digunakan terlebih dahulu diujicobakan terhadap responden yang ditetapkan atau diluar responden yang telah ditetapkan dengan syarat memiliki karakteristik yang sama. Hal ini penting dilakukan untuk dapat mengetahui layak atau tidaknya digunakan dalam penelitian ini. Setelah data uji coba angket terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis ststistik dengan tujuan untuk menguji validitas dan reabilitas alat pengumpulan data , maka diharapkan hasil penelitian memiliki validitas dan reabillitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam melakukan uji kelayakan model, dapat dilakukan melalui beberapa langkah sebagai berikut Theoretical Plausibility, Accunrancy of The Parameters, Explanatory Ability, Forecasting Ability. Hasil penelitian terdapat pengaruh secara simultan dari kompetensi guru, motivasi, dan budaya organisasi terhadap komitmen guru SMK Swastadi Provinsi Jawa Barat sebesar 69,81 %. Ketiga variabel yaitu ; kompetensi, motivasi, dan budaya organisasi merupakan varibel dominan yang membentuk komitmen guru. Pengaruh komitment guru terhadap kinerja guru SMK Swasta yang di moderasi oleh tunjangan Profesi sebesar 85,86 %. Kata Kunci : kompetensi, motivasi kerja, budaya organisasi, komitment guru, kinerja guru, tunjangan sertifikasi profesi guru, Sekolah Menengah Kejuruan Swasta.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:54
Last Modified: 25 Feb 2019 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40818

Actions (login required)

View Item View Item