ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI EKSPOR INDONESIA KE 8 NEGARA TUJUAN EKSPOR TAHUN 2008-2017 (Pendekatan Model Gravitasi pada Perdagangan)

Putri Rafani Adhalia, 144030029 and Pembimbing I, Dikdik Kusdiana S.E.,M.T. (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI EKSPOR INDONESIA KE 8 NEGARA TUJUAN EKSPOR TAHUN 2008-2017 (Pendekatan Model Gravitasi pada Perdagangan). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover UP.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka SA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor Indonesia ke 8 negara tujuan ekspor tahun 2008-2017 dengan menggunakan pendekatan gravitasi pada perdagangan. Banyak faktorfaktor yang mempengaruhi nilai ekspor, pada penelitian ini faktor-faktor tersebut adalah produk domestik bruto negara importir, jarak antar negara, jumlah penduduk negara importir, exchange rate, perjanjian perdagangan bebas dan anggota Asia-Pasific Economic Coorperation yang merupakan variabel bebas dengan runtun waktu 10 tahun periode 2008-2017. Sampel penelitian ini adalah 8 negara dengan nilai ekspor terbesar dari Indonesia perwakilan dari 5 benua di dunia. Penelitian ini menggunakan model fixed effect setelah dilakukan uji Chow dan Husman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel PDB, jarak, jumlah penduduk, exchange rate, perjanjian perdagangan bebas dan anggota APEC berpengaruh secara signifikan terhadap nilai ekspor Indonesia sedangkan secara parsial variabel PDB, jarak dan perjanjian perdagangan bebas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, sedangkan variabel jumlah penduduk memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan serta variabel exchange rate dan anggota APEC memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap nilai ekspor Indonesia. Kata Kunci : Model Gravitasi, Nilai ekspor, PDB, Jarak, Jumlah Penduduk, Exchange Rate, Perjanjian Perdagangan Bebas, Anggota Forum Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 23 Feb 2019 07:42
Last Modified: 23 Feb 2019 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40780

Actions (login required)

View Item View Item