ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN SUNGAI AKIBAT LIMBAH TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) PANEMBONG DI KABUPATEN SUBANG DITINJAU DARI PARAMETER (pH, TDS, DHL, BOD, COD, AMMONIA)

Nanda Eka Pratama, 133050012 and Anni Rochaeni, DS and Yonik Meilawati Yustiani, Ds (2019) ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN SUNGAI AKIBAT LIMBAH TEMPAT PEMROSESAN AKHIR (TPA) PANEMBONG DI KABUPATEN SUBANG DITINJAU DARI PARAMETER (pH, TDS, DHL, BOD, COD, AMMONIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nanda Eka Pratama_133050012_Teknik Lingkungan.pdf

Download (425kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Salah satu dampak pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh Tempat Pemprosesan Akhir sampah (TPA) adalah lindi. Lindi merupakan hasil dari dekomposisi sampah yang terdiri dari bahan organik ataupun nonorganik yang memiliki sifat toksisitas yang tinggi oleh karena itu sangat berbahaya bila lindi yang berasal dari TPA langsung dibuang ke badan air penerima/sungai tanpa dilakukan pengolahan atau perlakuan khusus terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air sungai Cileuleuy di Kabupaten Subang berdasarkan tingkat pencemaran yang terjadi akibat limbah lindi dari TPA Panembong. Metode yang digunakan untuk menentukan titik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara triplo, terdiri pada empat titik yang dianggap mewakili. Agar lebih akurat sampling dilakukan tiga kali pada hari yang berbeda. Parameter yang diamati yaitu BOD, COD dan Amonia kemudian dianalisa lalu dibanding dengan stream standar air kelas II yang tercantum pada PP RI No. 82 Tahun 2001 serta dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif. Untuk hasilnya semua parameter pada sungai Cileuleuy melampaui batas maksimum yang ditetapkan pada pada PP RI No. 82 Tahun 2001 dikarenakan limbah lindi TPA Panembong yang langsung dibuang ke sungai tersebut jauh melampaui baku-mutu yang ditetapkan pada Permen RI No.P.59 2016. Kata Kunci: Lindi, Pencemaran Sungai, Stream Standar, Tempat Pemprosesan Akhir

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:02
Last Modified: 23 Feb 2019 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40740

Actions (login required)

View Item View Item