IMPLEMENTASI KURIKULUM MATEMATIKA 2013 BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KAITANNYA DENGAN KECEMASAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ari Anggaria Saputra, NPM : 178060028 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM MATEMATIKA 2013 BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KAITANNYA DENGAN KECEMASAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmih _Ari Anggaria Saputra_178060028.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hasil kajian implementasi model Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning (DL), dan Ekspositori (E) berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta kaitannya dengan kecemasan, motivasi, dan hasil belajar siswa di SMK. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) denga desain paralel konvergen (the convergent parallel design). Populasinya adalah siswa kelas X SMK Merdeka Bandung dan sampelnya 108 siswa yang terbagi ke dalam Kelas X TKJ-1, X TKJ-2, dan X TKJ-3. Uji statistik diolah dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 24 for Windows dan Microsoft Excell 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tidak terdapat hubungan antara kecemasan, motivasi, dan hasil belajar siswa, (2) Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran matematika dengan model PBL, DL, dan E, dan (3) Implementasi model PBL dalam pembelajaran matematika, lebih baik dari model DL dan Ekspositori. Adapun penggunaan model DL lebih baik dari Ekspositori. Kata Kunci: kurikulum matematika 2013, pendidikan karakter, problem based learning, discovery learning, ekspositori, kecemasan belajar, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 22 Feb 2019 04:49
Last Modified: 22 Feb 2019 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40738

Actions (login required)

View Item View Item