PERENCANAAN KEBUTUHAN DISTRIBUSI EGG SANITIZER DAN PERENCANAAN PERSEDIAAN PAKAN DENGAN KENDALA MODAL KERJA (STUDI KASUS: DI PT. QL AGROFOOD CIANJUR)

DIENDIN ANUGRAH, 143010117 and Sutarman, DS (2019) PERENCANAAN KEBUTUHAN DISTRIBUSI EGG SANITIZER DAN PERENCANAAN PERSEDIAAN PAKAN DENGAN KENDALA MODAL KERJA (STUDI KASUS: DI PT. QL AGROFOOD CIANJUR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Diendin Anugrah_143010117_Teknik Industri.pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perencanaan distribusi adalah proses manajemen yang bertujuan untuk memastikan bahwa sumber persediaan akan mampu mengimbangi permintaan. Indikasi keberhasilan dari tujuan tersebut adalah dengan permintaan dapat terpenuhi tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat tempat. Tercapainya tujuan tersebut tentu harus didukung dengan perencanaan persediaan sumber daya perusahaan. Hal itu dikarenakan perencanaan persediaan merupakan langkah vital yang harus selalu dilakukan agar dampak terhadap biaya dapat diminimumkan. PT. QL Agrofood merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agro, dalam hal ini adalah egg sanitizer. PT. QL Agrofood menangani pemenuhan kebutuhan egg sanitizer untuk 99 gerai McDonald’s yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung dengan sisa kontrak terhitung dari Januari 2019 sampai dengan Juni 2019. Permasalahan yang terjadi adalah belum adanya perkiraan jumlah pengiriman yang pasti dari pabrik ke setiap gerai yang tersebar di setiap wilayah. Hal tersebut mengakibatkan permintaan kurang terkontrol dan dapat menyebabkan terjadinya kekurangan atau kelebihan persediaan. Maka dari itu, perusahaan harus melakukan perencanaan kebutuhan distribusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam perencanaan kebutuhan distribusi, diketahui total kebutuhan egg sanitizer pada level pabrik 464830 box. Selain itu, untuk mendukung proses pemenuhan kebutuhan egg sanitizer untuk McDonald’s, perusahaan dituntut untuk melakukan perencanaan pakan ternak. Perencanaan tersebut meliputi penentuan jumlah pakan ternak yang harus disiapkan untuk periode Januari 2019 sampai dengan Juni 2019 beserta perencanaan pemesanan optimum ekonomis secara multi item. Dari hasil perencanaan pakan yang telah disesuaikan dengan kendala modal kerja, kuantitas yang harus disiapkan untuk setiap pakan untuk satu semester yakni untuk Untuk pakan kode – 8801 sebanyak 186 sack, kode – 8803 sebanyak 186 sack, kode - 8805 sebanyak 193 sack, dan kode - 8808 sebanyak 175 sack. Frekuensi pembelian untuk semua pakan adalah 57 kali. Kata Kunci : Perencanaan Kebutuhan Distribusi, Perencanaan Persediaan, Pemesanan Optimum Ekonomis Multi Item, Egg Sanitizer, Pakan Ternak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:50
Last Modified: 22 Feb 2019 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40733

Actions (login required)

View Item View Item