PEMBANGUNAN GAME PEDULI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE GAME DEVELOPMENT

Jody Sukma Atmadja, 133040221 and Sandhika Galih Amalga, ds and Handoko Supeno, DS (2019) PEMBANGUNAN GAME PEDULI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE GAME DEVELOPMENT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Jody Sukma Atmadja_133040221_Teknik Informatika.pdf

Download (946kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Game adalah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain bias mendapatkan kepuasan batin. Untuk menyelesaikan satu permainan, pemain mencoba mencapai suatu tujuan dengan mengikuti aturan yang telah ditentukan. Game yang dimainkan tentu telah melalui serangkaian proses pembuatan yang sedemikian rupa. Karena dalam pembuatan game membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga dibutuhkan metode yang dapat mempercepat waktu dalam pengembangan game. Terdapat banyak metode dalam membangun game seperti metode agile. Metode agile terdiri dari lima fase yaitu concept developed, design, implementation, testing, dan deployment. Tahapan concept developed dilakukan untuk mengidentifikasi perkiraan kebutuhan, tahapan design dilakukan untuk mendeskripsikan hasil fungsional, tahapan implementation dilakukan untuk pengumpulan assets seperti gambar, suara, animasi, script dan video, tahapan testing dilakukan untuk memastikan apakah hasilnya seperti yang diinginkan atau tidak, dan tahapan deployment dilakukan untuk release game kedalam industri. Metode agile didasarkan kepada individu dan interaksi atas proses dan alat dokumentasi yang komprehensif, kolaborasi dengan pelanggan melalui negosiasi kontrak juga menanggapi perubahan sesuai dengan rencara. Berdasarkan tahapan yang terdapat pada metode agile, peneliti akan membangun sebuah game yang diberi nama dendam ledok. Dendam ledok merupakan game memilah sampah, dimana pemain akan menempatkan sampah – sampah sesuai dengan jenisnya dengan batasan waktu yang telah ditentukan. Kata kunci : Idle Games, Agile Game Development, Agile, Methodology, Game

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:16
Last Modified: 21 Feb 2019 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40717

Actions (login required)

View Item View Item