RANCANGAN LOKASI GUDANG ANTARA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CAPACITATED LOCATION ROUTING PROBLEM (CLRP) UNTUK MEMINIMASI BIAYA DISTRIBUSI PADA PT. XYZ (STUDI KASUS : PT. XYZ KOTA BANDUNG)

DESTIA PAULINA BIANCA, 143010064 and Nurman Helmi, ds and Yogi Yogaswara, DS (2019) RANCANGAN LOKASI GUDANG ANTARA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CAPACITATED LOCATION ROUTING PROBLEM (CLRP) UNTUK MEMINIMASI BIAYA DISTRIBUSI PADA PT. XYZ (STUDI KASUS : PT. XYZ KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Destia Paulina Bianca_143010064_Teknik Industri.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha perdagangan barang/ritel di Kota Bandung. Permasalahan yang dialami perusahaan yaitu terdapat satu buah gudang utama yang harus melayani permintaan dari 68 ritel dengan masing-masing ritel menggunakan satu buah kendaraan berjenis colt diesel dengan kapasitas kendaraan 3 ton. Sehingga perusahaan perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk dapat melayani seluruh permintaan dari ritel tersebut, untuk itu perlu dilakukan evaluasi penentuan lokasi gudang antara serta rute yang dilaluinya agar diperoleh rute baru dengan total biaya minimum. Alat yang digunakan agar mendapatkan lokasi depot antara beserta rutenya yaitu dengan pendekatan Location Routing Problem (LRP). Metode yang digunakan untuk pertama-tama yaitu Fuzzy C-means untuk menentukan cluster, dan untuk memperoleh lokasi gudang antara beserta rute yang dilaluinya yaitu Insertion Heuristic. Hasil dari analisis menggunakan Fuzzy C-Means yaitu terdapat 10 cluster dengan total demand tidak melebihi kapasitas kendaraan usulan yaitu kendaraan dengan kapasitas 6 ton. Hasil dari analisis penentuan lokasi gudang antara dan rute yang dilalui masing-masing cluster menggunakan metode insertion heuristic bahwa lokasi gudang antara melekat atau bersamaan dengan lokasi ritel yang memiliki total jarak terpendek. Total biaya yang didapatkan dari hasil perbaikan lokasi gudang beserta rute yang dilalui jika dibandingkan dengan kondisi eksisting menghasilkan pengurangan biaya sebesar Rp. 27.721.790 atau perusahaan dapat menghemat biaya sebesar 61,47%. Dari hasil tersebut dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk dibuat lokasi gudang antara sesuai dengan hasil evaluasi menggunakan pendekatan Location Routing Problem (LRP). Kata Kunci : Location Routing Problem, Fuzzy C-Means, Insertion Heuristik, Lokasi Depot Antara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:04
Last Modified: 21 Feb 2019 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40704

Actions (login required)

View Item View Item