KORELASI KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK SARI BUAH TIN (Ficus carica L.) MENGGUNAKAN REGRESI LINIER SEDERHANA

Salsabila, 143020406 and Tantan Widiantara, DS and Neneng Suliasih, DS (2019) KORELASI KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK SARI BUAH TIN (Ficus carica L.) MENGGUNAKAN REGRESI LINIER SEDERHANA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Salsabila_143020406_TeknologiPangan.pdf

Download (473kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi konsentrasi sukrosa terhadap karakteristik sari buah tin. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan diversifikasi produk dari bahan baku buah tin yang merupakan buah kaya gizi. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mengetahui kandungan bahan baku (buah tin) dan untuk menentukan formulasi sari buah tin. Penelitian utama dilakukan untuk mengetahui korelasi konsentrasi sukrosa terhadap karakteristik sari buah tin. Pengolahan data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Adapun faktor yang digunakan adalah perbedaan konsentrasi sukrosa yang terdiri dari 5%, 7%, 9%, 11% dan 13%. Respon pada penelitian ini meliputi respon fisik (total padatan terlarut), respon kimia (kalium, kalsium, vitamin C, gula total dan pH) dan organoleptik (warna, rasa dan aroma). Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa formulasi yang dipilih adalah formulasi 2. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi sukrosa berkorelasi positif terhadap nilai total padatan terlarut, nilai pH, kadar gula total, nilai organoleptik pada atribut warna, rasa dan aroma sari buah tin, tetapi berkorelasi negatif terhadap kadar kalium, kalsium dan vitamin C sari buah tin. Kata kunci : konsentrasi sukrosa, sari buah, buah tin, regresi linier sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:02
Last Modified: 20 Feb 2019 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40680

Actions (login required)

View Item View Item