PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MULAI HIDUP TANPA SAMPAH PLASTIK SEKALI PAKAI GURUH RANGGA WITARSA 146010047

GURUH RANGGA WITARSA dan Adi Surahman, M.Ds. (2019) PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MULAI HIDUP TANPA SAMPAH PLASTIK SEKALI PAKAI GURUH RANGGA WITARSA 146010047. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
01_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02_ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_BAB II.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05_BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
06_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
07_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
08_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Sampah merupakan sesuatu yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Dengan jumlah penduduk 2,5 juta jiwa, Kota Bandungmenghasilkan 1500 sampai 1600ton sampahsetiap harinya.Gaya hidup instan dan kebutuhanakan kecepatan membuat penggunaan plastik sekali pakaimenjadi hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat terutama generasi muda. Selain mencemari lingkungan, plastik sekali pakai memiliki daya guna yang sangat singkat dengan waktu teruraiyang panjang sehingga menjadi salah satu penyebab terus meningkatnya timbunan sampah. Dalam penelitian permasalahan penggunaan plastik sekali pakai ini, penulis menggunakan metode penelitian gabungandengan instrumen penelitian observasi, wawancara, kuesioner serta studi literatur. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui cara mengajak generasi muda untuk mengubah kebiasaan penggunaan plastik sekali pakai. Berdasarkan data penelitian,penulis dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa solusi dari permasalahan ini adalahperancangan mediavisualkampanyesosial dengan isi pesan utama“Memulai Hidup Tanpa Sampah Plastik” dengan target yaitu generasi mudakhususnya mahasiswa. Kampanye sosial inimengajak target untuk mengubah kebiasaan penggunan plastik sekali pakai. Sehingga pada akhirnya mereka mampu menjadi agen-agen perubahan dalam lingkungan masyarakat sekitar dan membuat masyarakat terpicu untuk ikut mengurangi penggunaan plastik sekali pakaidan menggantinya dengan produk yang lebih ramah lingkungan.Perancangan media visual kampanye ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk penelitian di masa yang akan datang. Permasalahan sampah plastik di Kota Bandung merupakan permasalahan yang luas dan melibatkan berbagai macam faktor, sehingga masih memungkinkan untuk diadakannya penelitian menggunakan pendekatan serta sudut pandang analisis yang berbeda. Kata kunci: Kampanye Sosial, Plastik, Sampah, Gaya Hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:30
Last Modified: 20 Feb 2019 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40670

Actions (login required)

View Item View Item