ANALISIS PENGARUH ADANYA HOME INDUSTRI KERAJINAN ECENG GONDOK TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DESA CIHAMPELAS KECAMATAN CIHAMPELAS KABUPATEN BANDUNG BARAT

Rima Paujiah Hasanah, 144030007 and Pembimbing I, Dr. Heri Hernawan., SE., MP (2018) ANALISIS PENGARUH ADANYA HOME INDUSTRI KERAJINAN ECENG GONDOK TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DESA CIHAMPELAS KECAMATAN CIHAMPELAS KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 1-3.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

Abstrak Industrialisasi memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi secara berkelanjutan dan meningkatkan produksi fisik masyarakat melalui perluasan lapangan usaha dan memperluas kesempatan kerja. Penyerapan tenaga kerja adalah banyaknya lapangan kerja yang sudah terisi yang tercermin dari banyaknya jumlah penduduk bekerja. Adapun faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja yaitu jumlah produksi, upah, modal kerja dan lama usaha. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah produksi, upah, modal kerja dan lama usaha terhadap penyerapan tenaga kerja yang dilakukan pada Home Industri Kerajinan Eceng Gondok di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Populasi penelitian yaitu Home Industri Kerajinan Eceng Gondok di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat sebanyak 8 unit usaha. sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sebanyak 8 unit usaha yang ada di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode angket (kuisioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F) pada level significance 5%. Dari hasil pengujian perhitungan regresi disimpulkan bahwa secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel upah (UP) berpengaruh secara signifikan pada penyerapan tenaga kerja. Variabel modal kerja (MK) berpengaruh secara signifikan pada penyerapan tenaga kerja. Dan hasil pengujian secara simultan (uji F) dapat diketahui bahwa variabel upah (UP) dan variabel modal kerja (MK) secara simultan berpengaruh secara signifikan pada penyerapan tenaga kerja. Kata Kunci : Jumlah Produksi, Upah, Modal Kerja, Lama Usaha, Penyerapan Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:55
Last Modified: 19 Feb 2019 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40643

Actions (login required)

View Item View Item