PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISIBERORIENTASI MAJAS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TULUS KARTIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mia Widianti, NPM : 168090022 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISIBERORIENTASI MAJAS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP TULUS KARTIKA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
MIA WIDIANTI_MBSI - Copy.docx

Download (59kB)

Abstract

Penggunan media gambar dalam proses belajar mengajar mempunyai arti penting karena dapat membantu proses pembelajaran yang semakin efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi majas perbandingan, 2) perbedaan peningkatan kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung dengan penerapan media gambar dibandingkan dengan kelas kontrol, 3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung dengan penerapan media gambar dibandingkan dengan kelas kontrol, 4) untuk mengetahui hubungan antara penerapan media gambar dengan peningkatan kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan model desain kontrol prates dan pascates (matching pretest-posttest control group desain).Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Tulus Kartika Bandung kelas VIII terdiri atas dua kelas, masing-masing berjumlah 43 peserta didik.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan pada peserta didik kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan.Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Hasil ini menunjukkan pula bahwa media gambar memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung. Kata kunci: media gambar, berpikir kreatif, majas, menulis puisi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:20
Last Modified: 18 Feb 2019 10:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40640

Actions (login required)

View Item View Item