PENGARUH KETINGGIAN PENANAMAN DAN KONSENTRASI STPP TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA PATI KENTANG MEDIANS (Sollanum tuberosum L.) YANG DIMODIFIKASI DENGAN METODE CROSSLINKING STPP DAN HMT

Sri Marlina Dewi, 143020100 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Ira Endah Rohima, DS (2019) PENGARUH KETINGGIAN PENANAMAN DAN KONSENTRASI STPP TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA PATI KENTANG MEDIANS (Sollanum tuberosum L.) YANG DIMODIFIKASI DENGAN METODE CROSSLINKING STPP DAN HMT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Sri Marlina Dewi_143020100_Teknologi Pangan.pdf

Download (688kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketinggian penanaman dan metode modifikasi HMT (High Moisture Treatment) dengan kombinasi Crosslinking STPP (Sodium Tri Polyphosphate) terhadap sifat fisikokimia pati kentang varietas medians. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Terbagi (RPT) dengan ulangan sebanyak 3 kali yang terdiri dari dua faktor yaitu ketinggian penanaman sebagai petak utama (Dataran sedang dan dataran tinggi) dan faktor kedua konsentrasi STPP sebagai anak petak (konsentrasi 1%, 2%, 3%, 4% dan 5%). Respon penelitian terdiri dari respon kimia yaitu kadar air, kadar pati, kadar amilosa dan amilopektin, sedangkan respon fisik terdiri dari kapasitas penyerapan air, kapasitas penyerapan minyak, swelling power, solubillity (kelarutan), freeze thaw stability (sineresis), analisis ukuran parikel dan profil gelatinisasi pati. Hasil penelitian ketinggian penanaman berpengaruh terhadap kadar air, kadar pati, kapasitas penyerapan air, kapasitas penyerapan minyak, swelling power, solubillity, dan freeze thaw stability. Konsentrasi STPP berpengaruh terhadap kadar air, kadar pati, kapasitas penyerapan air, kapasitas penyerapan minyak, swelling power, solubillity, dan freeze thaw stability. Interaksi antara ketinggian penanaman dan konsentrasi STPP berpengaruh terhadap kadar pati, kapasiitas penyerapan minyak, swelling power dan freeze thaw stability (sineresis) pati kentang modifikasi. Profil gelatinisasi pati kentang modifikasi termasuk tipe C yang menunjukkan pengembangan granula terbatas dan tidak menunjukkan viskositas puncak serta relatif bersifat konstan selama pemasakan.. Kata Kunci: Kentang, Pati Kentang Modifikasi, STPP (Sodium Tripolyposphate).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:02
Last Modified: 15 Feb 2019 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40484

Actions (login required)

View Item View Item