PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIRO PEMERINTAHAN DAN KERJASAMA SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Akhmad Fauzi, NPM : 158010055 (2018) PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIRO PEMERINTAHAN DAN KERJASAMA SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel akhmad fauzi.doc

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat saat ini yaitu indikasi belum optimalnya kinerja pegawai. Hal ini ditengarai sebagai akibat dari belum optimalnya kompetensi pegawai. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory survey. Metode ini tidak hanya menjelaskan atau menggambarkan fakta empiris yang ditemui di lapangan tetapi juga akan menjelaskan analisis pengaruh, baik secara parsial maupun simultan dalam hal ini pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap kinerja pegawai. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 42 orang responden. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengujian path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat dengan kontribusi sebesar 60,4%, sedangkan sisanya sebesar 39,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial, variabel kompetensi pegawai yang terdiri dari komponen pengetahuan (knowledge) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 6,3%, keterampilan (skill) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 12,4%, konsep diri (self-concept) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 16,4%, ciri diri (trait) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 19,4% dan komponen motif (motive) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 5,9%. Kata Kunci: Kompetensi, Kinerja.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:50
Last Modified: 13 Feb 2019 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40471

Actions (login required)

View Item View Item