REDESAIN KEMASAN PRODUK YOU JELL MENGGUNAKAN HOUSE OF QUALITY DAN PETA MORFOLOGI DI PT INSAN MUDA BERDIKARI (STUDI KASUS : PT INSAN MUDA BERDIKARI)

YOYOK PRIYONO, 143010004 and Dadang Hendriana, DS and asep saefulbachri, DS (2019) REDESAIN KEMASAN PRODUK YOU JELL MENGGUNAKAN HOUSE OF QUALITY DAN PETA MORFOLOGI DI PT INSAN MUDA BERDIKARI (STUDI KASUS : PT INSAN MUDA BERDIKARI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
YOYOK PRIYONO_143010004_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (821kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Yoghurt Youjell merupakan produk yang berasal dari olahan susu segar dengan kualitas terbaik, diproduksi oleh PT Insan Muda Berdikari. Pihak perusahaan selalu menginginkan peningkatan penjualan disetiap tahunnya, namun pihak perusahaan menemukan masalah berkaitan dengan kemasan mengingat produk sejenis yang sudah ada lebih baik dan sesuai dtandart dalam segi kemasan. Kemasan yoghurt youjell yang digunakan saat ini mempunyai beberapa keluhan dari konsumen yaitu botol yang digunakan mudah pecah, tinta mudah dihapus dan bahan label yang tidak tahan terhadap pergantian suhu, hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan dalam perancangan ulang kemasan produk yoghurt youjell dengan mempertimbangkan keinginan konsumen dalam pengembangan desain kemasan produk agar dapat mengatasi permasalahan kemasan yang telah digunakan saat ini. Berdasarkan hasil rancangan dari HOQ dan peta morfologi maka didapatkan hasil rancangan akhir yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga dapat meningkatkan kembali penjualan produk yoghurt youjell yaitu sebagai berikut : Bahan kemasan menggunakan jenis kemasan dasar dan kemasan tambahan dimana dalam hasilnya menggunakan bahan Tetra Pak. Bentuk kemasan persegi panjang/kotak dengan ukuran (L x W x H) 6,4 x 4 x 12.5 cm dengan berat bersih 500 ml, sedangkan untuk tata letak bagian atribut kemasan yaitu nama produk, produsen dan logo produk dilampirkan pada bagian depan kemasan, informasi mengenai komposisi bahan produk, nilai gizi dilampirkan disisi kanan dan informasi keunggulan produk dilampirkan pada bagian belakang kemasan, keterangan ijin dinas kesehatan, kadaluarsa produk dan keterangan halal dilampirkan pada bagian depan kemasan sedangkan untuk bagian kode produksi, berat bersih produk dan barcode produk dilampirkan dibagian sisi kiri kemasan, Warna kemasan menggunakan tinta pigment, penutup kemasan menggunakan penutup TwistCup sehingga kemasan mudah dibuka dan ditutup serta Logo kemasan menggunakan kombinasi gambar dan tulisan. Kata Kunci : House Of Quality, Kemasan, Peta Morfologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:03
Last Modified: 13 Feb 2019 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40458

Actions (login required)

View Item View Item