PENGARUH SUMBER DAYA INTI, SUMBER DAYA KRITIKAL, MARKET BASED TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM PRODUK GULA AREN.

Nurjaya, NPM :139010049 (2019) PENGARUH SUMBER DAYA INTI, SUMBER DAYA KRITIKAL, MARKET BASED TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM PRODUK GULA AREN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL DISERTASI. 1docx.docx

Download (148kB)

Abstract

Peningkatan permintaan gula aren dari dalam negeri dapat terlihat pada konsumsi gula merah (termasuk gula aren di dalamnya) di Indonesia yang mengalami kenaikan setiap tahun. Peningkatan tersebut seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan pendapatan nasional. Selama kurun waktu 2011-2015 laju pertumbuhan penduduk sebesar rata-rata per tahun sebesar 1,49 persen dan peningkatan pendapatan nasional rata-rata per tahun mencapai 5,2 persen. Berkembangnya persepsi di masyarakat mengenai kualitas produk gula aren (produksi dalam negeri) lebih rendah dari pada produk import (gula rafinasi atau gula kemasan produk luar negeri) mengakibatkan tidak meningkatnya secara signifikan konsumsi gula aren di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menemukan alternatif model solusi melalui penggalian dan pengkajian data dan informasi tentang pengaruh struktural antara variabel Sumber Daya yang Berbasis Pasar, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan Serta Loyalitas Pelanggan Produk Gula aren. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dan kausal dimana analisa datanya menggunakan Structural Equation Modeling. Data primer dikumpulkan melalui survei pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) produk gula aren di wilayah Bandung Barat, Cianjur, Sukabumi, Garut, dan Banten sebanyak 300 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan gula aren maka pelaku usaha harus dapat pengembangan pada sumber daya yang berbasis pasar, diikuti dengan nilai pelanggan dan kepuasan pelanggan yang superior. Dengan demikian akhirnya akan mampu meningkatkan Pangsa Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan gula aren. Kata Kunci: Sumber Daya yang Berbasis Pasar, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Gula Aren

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:30
Last Modified: 12 Feb 2019 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40447

Actions (login required)

View Item View Item