KAJIAN PENCAHAYAAN DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS UMBI KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS MEDIANS YANG DITANAM PADA KETINGGIAN DATARAN YANG BERBEDA

Fitrotunnisa, 143020442 and Yusep Ikrawan, DS and Ira Endah Rohima, DS (2019) KAJIAN PENCAHAYAAN DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS UMBI KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS MEDIANS YANG DITANAM PADA KETINGGIAN DATARAN YANG BERBEDA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fitrotunnisa_143020442_teknologi pangan.pdf

Download (782kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kentang merupakan produk holtikultura yang mudah rusak, sehingga perlu perlakuan pasca panen yang baik agar dapat dipertahankan kualitasnya selama penyimpanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya simpan umbi kentang varietas Medians yang ditanam pada ketinggian dataran yang berbeda dengan pencahayaan dan waktu penyimpanan. Rancangan perlakuan terdiri dari 2 (dua) kali ulangan dan 2 (dua) faktor. Faktor pertama yaitu pencahayaan; disimpan di ruang terkena cahaya (R1) dan di ruang gelap (R2). Faktor kedua yaitu waktu penyimpanan; 2 minggu, 4 minggu, 6 minggu, dan 8 minggu. Rancangan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Dimana variabel bebas X= waktu penyimpanan selama 8 minggu dan variabel tak bebas Y= nilai respon yang diukur diantaranya kadar air (gravimetri), susut bobot, susut diameter, jumlah tunas, dan kekerasan pada kentang varietas Medians yang ditanam pada dataran medium dan dataran tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara penyimpanan di ruang gelap cenderung meningkatkan susut bobot dan susut diameter. Penyimpanan di ruang terkena cahaya cenderung menurunkan kadar air hingga 5,44% pada kentang dataran medium dan 4,62% pada kentang dataran tinggi selama penyimpanan 8 minggu. Perbedaan ketinggian dataran tempat penanaman kentang memiliki perbedaan kualitas yang tidak signifikan. Penyimpanan umbi kentang untuk bahan baku industri keripik kentang sebaiknya dihindarkan dari cahaya dengan masa simpan tidak lebih dari 8 minggu. Kata kunci: ketinggian dataran, ruang gelap, ruang terkena cahaya, umbi kentang, waktu penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:01
Last Modified: 12 Feb 2019 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item