PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP LINGKUNGAN

Melan Mardiana, 105040167 (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONSEP LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
abstrak.docx

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
Jurnal CTL.docx

Download (64kB)

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan karena diharapkan siswa mampu menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tentang “Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Konsep Lingkungan” dimaksudkan untuk mendapat gambaran mengenai kemampuan memecahkan masalah serta penguasaan konsep siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan yang dibatasi pada masalah sampah. Penelitian ini menggunakan metode weak eksperimen dengan alat pengumpul data berupa tes awal dan tes akhir. Sampel penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 38 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kemampuan memecahkan masalah siswa termasuk kategori baik (x = 78,39). Tahap menganalisis identifikasi masalah memiliki rata-rata 75. Indikator yang paling rendah adalah mengumpulkan dan menganalisis data memiliki rata-rata 59,21. Memilih alternatif pemecahan masalah memiliki rata-rata 81,57. Indikator yang paling tinggi merancang tindakan pemecahan masalah memiliki rata-rata 85,5 .Evaluasi pemecahan masalah memiliki rata-rata 84,21. Tes awal dan tes akhir dengan pengolahan data indeks gain normalitas homogenitas dan uji t maka di peroleh 5,63>1,96. Pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching Learning dapat memberikan hasil pembelajaran yang lebih baik, yang terlihat dari peninggkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 35,07 dan posttest 78,39. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada konsep lingkungan setelah pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching Learning. Kata kunci : kemampuan memecahkan masalah, Contextual Teaching Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2014
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:17
Last Modified: 16 Jun 2016 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item