PERBANDINGAN TEPUNG GANYONG ( Canna Edulis Ker.) DENGAN TEPUNG UMBI GARUT (Marantaarundinaceae Linn.) TERMODIFIKASI SECARA HEAT MOISTURE TREATMENT (HMT) TERHADAP KARAKTERISTIK ROTI TAWAR

Aditya Dwi Jendra, 143020319 and Yusman Taufik, DS and Harvelly, ds (2019) PERBANDINGAN TEPUNG GANYONG ( Canna Edulis Ker.) DENGAN TEPUNG UMBI GARUT (Marantaarundinaceae Linn.) TERMODIFIKASI SECARA HEAT MOISTURE TREATMENT (HMT) TERHADAP KARAKTERISTIK ROTI TAWAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ADITYA DWI JENDRA_143020319_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (318kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh perbandingan tepung ganyong dan tepung garut termodfikasi secara Heat Moisture Treatment (HMT) terhadap karakteristik roti tawar. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 1x6 sebanyak empat kali pengulangan yang dilanjutkan uji Duncan untuk faktor yang berbeda nyata. Faktor percobaan terdiri dari perbandingan tepung ganyong dan tepung garut termodifikasi sebesar 1 : 6, 2 : 5, 3 : 4, 4 : 3, 5 : 2, 6 : 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan tepung ganyong dan tepung garut termodifikasi secara HMT berpengaruh terhadap kadar pati, kadar serat kasar, volume pengembangan dan karakteristik organoleptik atribut rasa, aroma, teksture, dan warna tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air produk roti tawar. Kata kunci : Heat Moisture Treatment, roti tawar, tepung ganyong, tepung umbi garut.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Feb 2019 02:28
Last Modified: 27 Feb 2021 05:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40418

Actions (login required)

View Item View Item