PEMBANGUNAN APLIKASI PEMANTAUAN KEGIATAN SISWA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT NATIVE (Studi Kasus: Pemantauan Kegiatan Siswa di MI Cahaya Cimahi)

Helmi Mutawalli Mahi, 14.304.0228 and R. Sandhika Galih Amalga, DS and Ade Sukendar, DS (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMANTAUAN KEGIATAN SISWA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT NATIVE (Studi Kasus: Pemantauan Kegiatan Siswa di MI Cahaya Cimahi). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Helmi_Mutawalli_Mahir_143040228_Teknik_Informatika.pdf

Download (754kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Cahaya merupakan sekolah dasar yang berciri khas Islam, yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam An Nur dibawah Kementerian Agama Kota Cimahi. MI Cahaya ini memiliki sistem pemantauan kegiatan untuk siswanya, kegiatan tersebut berupa pemantauan salat lima waktu, hafalan Al-Quran, dan baca Al-Quran untuk seluruh siswa dari kelas satu sampai kelas enam yang dilakukan di rumah dan di sekolah. Pemantauan kegiatan di MI Cahaya ini menggunakan media buku catatan harian yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Pada buku tersebut wali murid dan wali kelas dapat menuliskan kegiatan siswa sesuai dengan format pada buku. Setiap akhir semester hasil pemantauan kegiatan akan dibuat rekapitulasi oleh wali kelas untuk dilakukan penilaian pada laporan hasil penilaian kegiatan lokal. Metodologi yang digunakan dalam pembangunan aplikasi pemantauan kegiatan siswa yaitu metode waterfall. Pada tahap perancangan dibuat dengan menggunakan unifield modeling language dan diimplementasikan kedalam sebuah framework react native. Webservice yang berfungsi sebagai pertukaran data menggunakan node dan memanfaatkan layanan pesan push notification sebagai pemberitahuan kepada siswa. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pemantauan kegiatan siswa untuk melihat kegiatan siswa setiap harinya. Fitur pada perangkat lunak yang telah dibangun adalah melihat grafik perkembangan siswa, pengingat untuk mencatatat kegiatan, pembuatan laporan kegiatan per semester, dan melihat peringkat siswa bulan ini. Berdasarkan hasil dari implementasi perangkat lunak yang telah dibangun maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pemantauan kegiatan siswa ini dapat berperan sebagai alat bantu pembuatan laporan kegiatan dan pengingat untuk mencatatat kegiatan siswa. Kata Kunci : Pemantauan, react native, web wervice, push notification

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:08
Last Modified: 08 Feb 2019 08:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40413

Actions (login required)

View Item View Item