EKSPLORASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI CUBEACON DENGAN SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA MENAMPILKAN INFORMASI DI KEBUN BINATANG (Studi Kasus : Kebun Binatang Bandung)

Dika Pratono, 143040117 and Ririn Dwi Agustin, DS and Wanda Gusdya, DS (2019) EKSPLORASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI CUBEACON DENGAN SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA MENAMPILKAN INFORMASI DI KEBUN BINATANG (Studi Kasus : Kebun Binatang Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dika Pratono_143040117_Teknik Informatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penggunaan smartphone di Indonesia belakangan ini bertumbuh sangat pesat. Smartphone semakin mendominasi kehidupan masyarakat karena aktivitas sehari-hari tidak lepas dari penggunaan smartphone, misalnya dalam bidang transportasi, kesehatan dan ekonomi. Hal ini dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya untuk dapat memaksimalkan keuntungan bisnisnya dengan menggunakan smartphone.Tentu teknologi ini juga memungkinkan untuk dapat diterapkan di suatu objek wisata, termasuk kebun binatang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur bluetooth yang sudah terpasang pada sebuah smartphone. Dengan bluetooth, petugas kebun binatang dapat memanfaatkannya untuk membantu menyebarkan promosi, informasi dan meningkatkan layanan terhadap pengunjung. Pada peneletian ini digunakan sebuah perangkat bluetooth bernama Cubeacon, yaitu sebuah teknologi berkomunikasi melalui bluetooth yang dikembangkan oleh PT. Eyro Digital Teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara menghubungkan perangkat Cubeacon dengan smartphon android. Penelitian dilakukan dengan melakukan eksploraasi modulmodul yang telah disediakan oleh Cubeacon. Selanjutnya dilakukan percobaan berdasarkan skenario yang telah ditentukan untuk menemukan pola keandalan koneksi antara perangkat Cubeacon dengan smartphone android berdasarkan jarak dan kapasitas layanan Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi mobile android yang berfungsi untuk media menampilkan informasi yang ada di kebun binatang dengan memanfaatkan teknologi bluetooth menggunakan Cubeacon. Kata kunci : Beacon, Cubeacon, Kebun Binatang, Kebun Binatang Bandung, Media Informasi, Aplikasi Mobile

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:31
Last Modified: 08 Feb 2019 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40402

Actions (login required)

View Item View Item