ADOPSI MODEL CASE-BASED REASONING (CBR) PADA PENJADWALAN KULIAH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN

Sali Alas, Majapahit (2015) ADOPSI MODEL CASE-BASED REASONING (CBR) PADA PENJADWALAN KULIAH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN. INFOMATEK, 17 (2). pp. 131-144. ISSN 1411-0865

[img]
Preview
Text
201512 Vol 17 No 2 Adopsi Modul CBR - Infomatek.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penjadwalan kuliah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap adanya semester baru. Terdapat banyak varibel yang diperlukan untuk membuat sebuah jadwal kuliah diantaranya banyaknya dosen dan mahasiswa, serta terbatasnya ruangan dan waktu. Dapat dikatakan, masalah utama dari sebuah sistem penjadwalan ialah sumber daya yang terbatas. Konsep Case-Based Reasoning (CBR) merupakan konsep berbasis penalaran dan berbasis pengetahuan, dimana masalah yang ada akan diselesaikan, dicocokan dengan menggunakan pengalaman sebelumnya atau menggunakan pengetahuan yang terus diperbaharui.Penelitian ini dilakukan untuk membuat model yang dapat membantu dalam penjadwalan kuliah. Langkah-langkah yang dilakukan mulai dari identifikasi masalah yang terjadi, selanjutnya mengidentifikasi variabel yang terlibat, penetapan objektif sistem dan mendefinisikan functional dan non-functional menggunakan requirement catalogue, selanjutnyapembuatan model penjadwalan kuliah dan pengujian model penjadwalannya menggunakan aplikasi myCBR. Pengujian model dibagi menjadi 2 yaitu pertama berdasarkan jumlah mahasiswa dan kapasistas ruangan dan yang kedua berdasarkan mata kuliah.Penelitan ini menghasilkan model penjadwalan kuliah dengan menggunakan pendekatan CBR yang mudah-mudahan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi saat penjadwalan kuliah di Fakultas Teknik Unpas.

Item Type: Article
Subjects: PROCEEDING
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015
Depositing User: Unnamed user with email ferrymulyanto@gmail.com
Date Deposited: 15 Jun 2016 09:27
Last Modified: 15 Jun 2016 09:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item