PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERORIENTASI PADA KETEPATAN DIKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS KARYABAKTI TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Eka Putri Nurmalasari, NPM : 168090020 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERORIENTASI PADA KETEPATAN DIKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS KARYABAKTI TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL Tesis Eka Putri MPBSI.docx

Download (118kB)

Abstract

Menulis teks drama merupakan salah satu KD yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Ketika menulis teks drama seorang pengarang harus memiliki keterampilan dalam menggunakan diksi yang tepat.Dalam pembelajaran, kemampuan yang harus dimiliki peserta didik bukan hanya mengedepankan hard skill saja, melainkan harus seimbang dengan soft skill. Salah satu pengembangan soft skill ini adalah kreatif dalam berpikir.Modelproject based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, karena model project based learningmerupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif, kreatif, dan peserta didik belajar menghasilkan suatu produk yang nyata berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi pada ketepatan diksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTS Karyabakti Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, dan angket. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setelah dianalisis berdasarkan hasil uji coba instrumen dengan uji statistik (uji validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretes dan postes, jumlah nilai kelas pretes dan postes, mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan uji wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif meningkat setelah menggunakan model project based learning. Nilai rata-rata pretes sebesar 61.83, dan rata-rata postes sebesar 84.50. Indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh data test Statistics nilai dari Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 atau kurang dari 0,05.Maka dapat diambil simpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi ketepatan diksi pada peserta didik yang menggunakan model project based learning dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction. Kata Kunci : teks drama, diksi, berpikir kreatif, project based learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:58
Last Modified: 25 Jan 2019 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40298

Actions (login required)

View Item View Item