STRATEGI PERWUJUDAN KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL KABUPATEN MAJALENGKA

Dewi Maharani, NPM. 139020004 (2019) STRATEGI PERWUJUDAN KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL KABUPATEN MAJALENGKA. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Dewi Maharani_DIS_copy.doc

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini diawali oleh adanya fenomena yang mengindikasikan belum optimalnya kualitas pelayanan perizinan yang dilaksanakan oleh BPPT-PM Kabupaten Majalengka. Menguatnya persoalan tersebut, dapat dilihat dari masih adanya keluhan masyarakat terkait dengan proses pelayanan yang diberikan oleh aparat. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian pada perwujudan kualitas pelayanan pada BPPT-PM di Kabupaten Majalengka. Tujuan penelitian, antara lain; pertama, mengkaji dan menganalisis pencapaian perwujudan kualitas pelayanan, kedua, mengkaji dan menganalisis faktor-faktor yang menentukan dan menyebabkan kualitas pelayanan belum efektif. Ketiga, mengkaji dan menganalisis alternatif strategi perwujudan kualitas pelayanan agar berjalan efektif. Metode yang digunakan pada proses penelitian ini menggunakan analisis penelitian dengan pendekatan mixed methods melalui model sequential explanatory. Hasil penelitian menemukan bahwa perwujudan kualitas pelayanan perizinan usaha pada BPPT-PM Kabupaten Majalengka, belum sepenuhnya berjalan dengan optimal. Hasil penelitian juga menemukan adanya faktor-faktor yang menentukan keberhasilan perwujudan kualitas pelayanan perizinan usaha pada BPPT-PM Kabupaten Majalengka, antara lain; Tangible, Reliable, Responsiveness, Assurance, Empathy. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat perwujudan kualitas pelayanan perizinan pada BPPT-PM Kabupaten Majalengka, antara lain; persyaratan administratif yang diterapkan untuk mempermudah proses pelayanan perizinan masih sangat rendah, aparatur belum seluruhnya kompeten dalam memberikan pelayanan, standar waktu yang diterapkan belum maksimal, keterbatasan fasilitas pelayanan berbasis Online dan belum terbangunnya budaya kerja yang proaktif dan inovatif. Strategi yang dihasilkan secara empirik berada pada posisi kuadran ke I. Posisi ini mengandung makna bahwa untuk mewujudkan kualitas pelayanan perizinan di lingkungan BPPT-PM Kabupaten Majalengka dibutuhkan alternatif strategi baru yang dinilai dapat mendukung proses perwujudan kualitas pelayanan. Sedangkan strategi yang dimaksud adalah strategi agresif (offensive). Novelty yang ditemukan pada penelitian ini yang terkait dengan kualitas pelayanan perizinan pada BPPT-PM Kabupaten Majalengka adalah dimensi sinergitas. Lahirnya dimensi ini, secara akademik sekaligus menjadi temuan konsep baru dalam penelitian disertasi ini. Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan, Perizinan Terpadu

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:20
Last Modified: 25 Jan 2019 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40297

Actions (login required)

View Item View Item