PENERAPAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENGUBAH BENTUK TEKS BIOGRAFI KE DALAM BENTUK ESAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CISARUA TAHUN PELAJARAN 201702018

Ulfah Nurzulfa Setiadi, NPM. 168090021 (2018) PENERAPAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENGUBAH BENTUK TEKS BIOGRAFI KE DALAM BENTUK ESAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CISARUA TAHUN PELAJARAN 201702018. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS ULFAH 168090021.doc

Download (187kB)
[img] Text
TESIS ULFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan meetode dalam proses belajar mengajar mempunyai makna penting karena dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih baik dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) mengetahui seginifikansi kemampuan menulis esai pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cisarua tahun pelajaran 2017-2018 yang sebelum dan setelah diterapkan metode suggestopedia; 2) mengetahui kemampuan menulis esai pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cisarua tahun pelajaran 2017 ceramah suggestopedia; 3) mengetahui efektivitas metode suggestopedia dalam pembelajaran mengubah bentuk teks biografi ke dalam esai tehadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cisarua tahun pelajaran 2017-2018; 4) mengentahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan metode suggestopedia dengan metode ceramah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cisarua tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe (quasi experiment one group pretest and posttest).Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Cisarua dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel (paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengubah bentuk teks biografi ke dalam bentuk esai peserta didik setelah menggunakan metode sugestopedia.Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan kemampaun berpikir kritis setelah mendapat perlakuan metode suggestopedia.Hasil ini menunjukkan bahwa metode suggestopedia memberikan pengaruh terhadap peningkatan berpikir kritis dalam pembelajaran mengubah bentuk teks biografi ke dalam bentuk esai pada siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Cisarua. Kata Kunci: Metode Suggestopedia, berpikir kritis, dan kemampuan mengubah bentuk teks biografi ke dalam esai.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Dec 2018 06:33
Last Modified: 22 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40271

Actions (login required)

View Item View Item