PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS X SMA SANTO ALOYSIUS 2 BANDUNG

ELISTYNAMARIA PANE, NPM. 168090030 (2018) PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS X SMA SANTO ALOYSIUS 2 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL2.docx

Download (87kB)
[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.docx

Download (63kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
12. BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
13. BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
14. BAB III FIX.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
15. BAB IV FIX.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
16. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas X dalam menulis puisi dan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dan berpikir kreatif adalah model Treffinger. Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan siswa dalam menulis puisi dan berpikir kreatif sebelum dan sesudah menggunakan model Treffinger di kelompok eksperimen, 2) Kemampuan siswa dalam menulis puisi dan berpikir kreatif tanpa menggunakan model Treffinger di kelompok kontrol, dan 3) perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi dan berpikir kreatif kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen dengan desain penelitian control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Santo Aloysius 2 Bandung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas XA dan XB. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan model Treffinger. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates kemampuan menulis puisi untuk kelompok eksperimen sebesar 62,28 dan kemampuan berpikir kreatif sebesar 60,95 Sedangkan nilai rata-rata pascates untuk kelompok eksperimen sebesar 68,52 dan kemampuan berpikir kreatif sebesar 66,04. Data hasil prates dan pascates kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpukan bahwa model Treffinger dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan berpikir kreatif. Kata kunci : model treffinger, menulis puisi, berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Dec 2018 02:27
Last Modified: 22 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40269

Actions (login required)

View Item View Item