PERANCANGAN INSENTIF BERBASIS KINERJA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERFORMA PETUGAS BILLING MANAGEMENT PADA PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT AREA BANDUNG

SUMARNO, NPM. 168020029 (2018) PERANCANGAN INSENTIF BERBASIS KINERJA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERFORMA PETUGAS BILLING MANAGEMENT PADA PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT AREA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
SUMARNO - JURNAL TESIS.doc

Download (2MB)

Abstract

PT. PLN (Persero) adalah sebuah BUMN yang memegang izin usaha penyediaan tenaga listrik, dimana mengurusi semua aspek proses bisnis kelistrikan yang ada di Indonesia. Pada proses distribusi ke pelanggan, yang perlu diperhatikan adalah makin tingginya ekspetasi pelanggan dalam tingkat kepuasan mutu pelayanan, diantaranya keakuratan tagihan listrik dan pelayanan petugas. Di PLN Area Bandung untuk kegiatan pelayanan pelanggan yaitu pembacaan meter dan pengendalian piutang dilaksanakan dalam lingkup pekerjaan Billing Management. Sesuai analisa untuk kinerja kondisi eksisting petugas Billing Management di PLN Area Bandung belum optimal, dengan tidak dapat dipenuhinya target kinerja sesuai kontrak yang berdampak ke kinerja PLN Area Bandung, dan hal ini disebabkan oleh belum adanya sistem insentif yang dapat memacu motivasi petugas dalam memberikan kontribusi yang maksimal. Parameter penilaian kinerja individu yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, kemadirian dan efektifitas. Masing-masing dilakukan pembahasan dimensi pengukurannya melalui wawancara, observasi dan pengukuran di lingkungan PLN Area Bandung, dan hasilnya menjadi dasar untuk perancangan sistem insentif. Dari hasil penilaian kinerja individu, maka dilakukan pembahasan suatu perancangan sistem insentif berbasis kinerja petugas Billing Management dengan proses mulai pembobotan parameter kinerja individu, penetapan koefisien kinerja sehingga dari analisa dan pembahasan tersebut dihasilkan suatu output formula perhitungan insentif berbasis kinerja petugas Billing Management dalam bentuk komisi, bonus, jaminan sosial dan jenjang karir. Dengan adanya perancangan sistem insentif berbasis kinerja ini diharapkan akan meningkatkan performa dan motivasi Petugas Billing Management di PLN Area Bandung untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam pencapaian kinerja serta bisa menjadi bencmark bagi Unit PLN lainnya. Kata kunci : Insentif, Kinerja, Kinerja Individu, Petugas Billman, Perancangan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Dec 2018 07:29
Last Modified: 20 Dec 2018 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40266

Actions (login required)

View Item View Item