ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

Yuyun Sri Idaningsih, NPM : 158090009 (2018) ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL (YUYUN SRI iDANINGSIH).doc

Download (335kB)

Abstract

Artikel ini bersumber dari tesis untuk Program Pascasarjana Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Pasundan. Objek penelitian adalah novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang diteliti mengenai wujud dan makna serta jenis nilai pendidikan nilai multikutural dari novel tersebut , khususnya yang terkait dengan unsur tokoh dan penokohan dalam konteks alur novel berdasarkan Analisa Wacana Kritis dimensi sosio budaya makrostruktural. Melalui perspektif makrostrutural, yaitu salah satu dimensi dari Norman Fairclough yang meneropong latar sosio budaya dari situasi, kondisi sosial dan institusi yang berpengaruh terhadap tokoh dan penokohan, maka nilai-nilai multikutural yang terkandung dalam novel ini dapat terdeskripsikan secara lebih utuh dan dipahami para pembaca novel, khususnya siswa SMA yang dalam penelitian juga dilakukan uji pemahaman terhadap mereka melalui metoda penyebaran angket, yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Data juga diambil melalui wawancara terhadap beberapa guru sehingga didapatkan jawaban mengenai kelayakan novel dan kandungan nilai-nilai pendidikan multikultural yang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar. Pemilihan tema-tema multikultural untuk dijadikan alternatif bahan ajar sebagaimana dideskripsikan melalui penelitian ini semakin relevan dengan kondisi kebhinekaan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu nilai-nilai pendidikan multikultural yang dibahas dalam penelitian novel ini, yaitu; nilai toleransi, kesetaraan, demokrasi dan keadilan, juga pesan moral mengenai kejujuran, ketabahan dan daya juang untuk meraih cita-cita dari tokoh utama novel Ranah 3 Warna, selain dapat dijadikan alternatif meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya-karya sastra, juga bermanfaat menunjang program Penguatan Pendidikan Karakter yang menjadi bagian dari amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:48
Last Modified: 12 Dec 2018 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40255

Actions (login required)

View Item View Item