USMAN SUPRIATNA, 148060046 (2018) IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH. Thesis(S2) thesis, Magister Pendidikan Matematika.
Text
Artikel_Usman_148060046.docx Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi e-learning dalam metode Problem Base Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika sehingga diharapkan memberikan dampak pada pencapaian ketuntasan belajar siswa. Penilitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen tipe embeded dengan tiga perlakuan di tiga kelas berbeda. Kelas eksperimen pertama diberi perlakuan Problem Base Learning menggunakan e-learning, kelas eksperimen kedua diberi perlakuan Problem Base Learning, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas yang mendapatkan perlakuan Problem Base Learning menggunakan e-learning dengan kelas Problem Base Learning dan kelas kontrol, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas yang mendapatkan perlakuan Problem Base Learning menggunakan e-learning dengan kelas Problem Base Learning, dan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas yang mendapatkan perlakuan Problem Base Learning dan kelas kontrol tetapi perbedaan itu tidak signifikan. Hasil penelitian juga memperlihatkan adanya dampak yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap ketuntasan belajar di kelas dengan perlakuan Problem Base Learning menggunakan e-learning.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Azis - |
Date Deposited: | 03 Nov 2018 02:01 |
Last Modified: | 03 Nov 2018 02:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40209 |
Actions (login required)
View Item |