Ari Ikhsan Kamil, 141000235 (2018) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN KONTRUKSI AKIBAT JATUHNYA OCS (OVERHEAD CATENARY SYSTEM) PARAPET DI JAKARTA YANG MENYEBABKAN KERUGIAN TERHADAP PENGENDARA MOTOR DIHUBUNGKAN DENGAN PASAL 1365 KUHPERDATA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.
|
Text
10 BAB II.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11 BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
9 BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
1 COVER.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, pemerintah senantiasa dituntut untuk memajukan kesejahteraan umum. Pemerintah mempunyai kewajiban menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat dalam berbagai bentuk seperti infrastruktur. Salah satu infrastuktur yang memiliki peran penting dalam mendukung manusia untuk dapat melakukan aktifitasnya adalah transportasi. Transportasi yang sedang dibangun oleh pemerintah yaitu MRT (Mass Rapid Transit) merupakan sebuah sistem transportasi massal, dan nyaman. Namun, dengan berjalannya proyek ini telah menimbulkan beberapa permasalahan dan kerugian bagi masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut, maka permasalahan hukum yg dikaji adalah tanggung jawab perusahaan kontruksi akibat jatuhnya OCS (Overhead Catenary System) Parapet proyek MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta yang menyebabkan kerugian terhadap pengendara motor dihubungkan dengan Pasal 1365 KUHPerdata, akibat hukum penyelenggaraan pekerjaan perusahaan kontruksi akibat jatuhnya OCS (Overhead Catenary System) Parapet proyek MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta yang menyebabkan kerugian terhadap pengendara motor dihubungkan dengan Pasal 1365 KUHPerdata, dan upaya penyelesaian ganti rugi akibat jatuhnya OCS (Overhead Catenary System) Parapet proyek MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta yang menyebabkan kerugian terhadap pengendara motor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dengan metode pendekatan yuridis normatif. Tahap penelitian berupa penelitian kepustakaan yaitu dengan menggunakan data sekunder berupa (bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier) dan penelitian lapangan yaitu cara untuk memperoleh data yang bersifat primer. Teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan berupa wawancara skripsi ini menggunakan metode yuridis kualitatif untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, dari 3 perusahaan kontruksi bertanggung jawab karena telah memperkerjakan orang yang lalai. Hal ini dibuktikan dengan adanya kecelakaan yang mengakibatkan kerugian terhadap pengendara motor, kedua akibat hukum dari perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pegawai yang lalai akibatnya tanggung jawab perusahaan kontruksi mengganti kerugian sesuai dengan Pasal 1367 KUHPerdata, ketiga upaya penyelesaian diganti kerugian oleh perusahaan kontruksi kepada pengendara motor. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Kontruksi, Kerugian
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018 |
Depositing User: | Lilis Atikah |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 06:28 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40104 |
Actions (login required)
View Item |