Fahtoni, 144030064 and Pembimbing I, Prof. Dr. H. M. Sidik Priadana,Ms and Pembimbing 2, Hj. Neni.M. Santoso.,SE., MSi (2018) ANALISIS NILAI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI SAWARNA DI KECAMATAN BAYAH KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (129kB) |
Abstract
ABSTRAK Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat diandalkan dalam pembangunan nasional karena pariwisata dapat menghasilkan devisa bagi negara serta dalam penciptaan lapangan kerja dan berusaha. Salah satu daerah di Indonesia yang cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung adalah Kabupaten Lebak. Kabupaten Lebak terkenal dengan wisata alamnya, salah satunya adalah objek wisata Pantai Sawarna. Pantai Sawarna merupakan sebuah pantai yang menghadap ke samudera Hindia, sehingga mempunyai ombak khas pantai selatan yaitu berombak besar dan berarus kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh biaya perjalanan ke objek wisata Pantai Sawarna, pendapatan wisatawan, umur wisatawan dan jarak ke objek wisata Pantai Sawarna mempengaruhi jumlah kunjungan ke objek wisata Pantai Sawarna. Serta mengukur nilai ekonomi yang diperoleh pengunjung objek wisata Pantai Sawarna dengan menggunakan metode biaya perjalanan (Travel Cost Method). Objek wisata Pantai Sawarna dipilih karena potensi wisata yang dimilikinya tergolong tinggi, akan tetapi tidak didukung dengan kemudahan akses untuk mencapai lokasi wisata. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan pendekatan Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel biaya perjalanan ke objek wisata Pantai Sawarna dan jarak ke objek wisata Pantai Sawarna berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan ke objek wisata Pantai Sawarna. Sedangkan variabel pendapatan wisatawan dan umur wisatawan tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan ke objek wisata Pantai Sawarna. Nilai ekonomi objek wisata Pantai Sawarna yaitu nilai surplus konsumen sebesar Rp. 1.738.259,845 per individu per tahun atau sebesar Rp. 564.370,0795 per individu per satu kali kunjungan, sehingga dihitung nilai total ekonomi objek wisata Pantai Sawarna sebesar Rp. 472.279.985.106,965 per tahun (nilai surplus konsumen per individu per tahun dikalikan dengan jumlah pengunjung objek wisata Pantai Sawarna tahun 2017). Surplus konsumen yang diperoleh pengunjung objek wisata Pantai Sawarna yaitu sebesar Rp. 564.370,0795 per individu per satu kali kunjungan masih jauh diatas harga rata-rata pengeluaran perjalanan yaitu sebesar Rp. 157.105 per satu kali kunjungan. Hal ini berarti objek wisata Pantai Sawarna memberikan manfaat yang lebih besar dari apa yang ditawarkan terhadap para pengunjung dan juga dari biaya yang harus mereka keluarkan agar dapat menikmati objek wisata Pantai Sawarna. Kata kunci : Permintaan, Metode Biaya Perjalanan, Nilai Ekonomi, Surplus Konsumen, Objek Wisata Pantai Sawarna
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2014 |
Depositing User: | nining widianingsih |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:11 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 03:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40089 |
Actions (login required)
View Item |