USULAN PERBAIKAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN PRECENDENCE DIAGRAM METHOD DENGAN MEMPERHATIKAN KETERBATASAN SUMBER DAYA (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN ASRAMA TAHFIDZ ECO PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG)

WULANDARI, 143010251 and Bram Andryanto, DS (2018) USULAN PERBAIKAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN PRECENDENCE DIAGRAM METHOD DENGAN MEMPERHATIKAN KETERBATASAN SUMBER DAYA (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN ASRAMA TAHFIDZ ECO PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Syarat Wisuda Wulandari 143010251.pdf

Download (319kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Eco Pesantren Daarut Tauhid Bandung berencana untuk membuat asrama tahfiidz untuk menampung santri-santri di tahun ajaran baru. Sehingga pihak yayasan bekerja sama dengan kontraktor untuk merealisasikan rencana proyek tersebut. Dalam perencanaan jadwal pelaksanaannya pihak proyek menjadwalkan menggunakan Time Schedule. Namun, dalam penentuan jadwal pelaksanaan proyek ditemukan beberapa kendala seperti dalam penjadwalannya yang masih menggunakan cara manual, penentuan durasi setiap pekerjaan tidak memperhatikan sumber daya manusia, dan tidak dilakukannya perencanaan jumlah tenaga kerja yang akan digunakan. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan Precedence Diagram Method untuk membuat hubungan keterkaitan antar aktivitas yang sesuai, selain itu perbaikan Analisis Harga Satuan Pekerjaan disesuaikan dengan SNI supaya memudahkan dalam penentuan durasi dari setiap aktivitas, dan untuk pengalokasian tenaga kerja agar penggunaan tenaga kerja lebih efektif digunakan resource levelling dikarenakan dalam perbaikan jadwal masih ditemukan kendala yaitu pengalokasian tenaga kerja yang mengalami overallocation. Yang mana over allocation terjadi pada tenaga kerja mandor, kepala tukang kayu, dan tukang kayu. Sehingga perlu dilakukan resource levelling untuk meratakan alokasi tenaga kerja supaya tidak melebihi batas penggunaanya. Berdasarkan hasil dari pengolahan data didapatkan durasi waktu yang lebih cepat yaitu 84 hari dari sebelumnya 91 hari, maka perbaikan yang dilakukan lebih cepat 7 hari dari jadwal sebelumnya dengan biaya Rp. 1.330.588.569,00. Dan penggunaan tenaga kerja sudah diperhitungkan berdasarkan SNI. Setelah dilakukan resource levelling maka tenaga kerja sudah tidak ada yang mengalami over allocation. Kata Kunci: Precendence Diagram Methode, Over Allocated, Resource Levelling

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:30
Last Modified: 30 Oct 2018 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40083

Actions (login required)

View Item View Item