Putra Indra Pradistia (2018) INTERPRETASI UNUNG SUPARDI DALAM MEMAINKAN “SIX SUITES FOR CELLO SOLO NO.1 PRELUDE IN G MAYOR” KARYA JS. BACH. Putra Indra Pradistia 12.6040047. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
COVER.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 proses.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 proses1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 3 proses.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
bab 4 proses.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
||
Text
bab 5 proses.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
Six Suite J.s Bach merupakan karya yang sangat fenomenal khus usnya untuk instrumen cello. M enarik nya adalah sedikit sekali yang diketahui tentang seja r ah six s uite ini. M eskipu n ditulis pada Tahun 1717 - 1723, naskah aslinya sempat hilang. Istri kedua Bach men yalinnya kembali dengan catatan musik yang kurang jelas . Kur angnya tanda musik yang di tuli s tidak menunjukan bagaimana bach m enginginkan karya tersebut dapat dimainkan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa six suite dapat dimainkan sepenuhnya sesuai interpretasi pemain. Seni interpretasi adalah bentuk kontribusi pemain yang mensyaratkan pemain memiliki kematangan dan kedewasaan dalam bermain musik . Pablo Casals menjadi yang pertama memainkan dan me rekam six suite di Tahun 1936 - 1939. Karena Casals du nia dapat melihat keindahan dari Six Suite i ni. Untuk memainkan si x suite dibutuhkan seorang pemain yang memiliki kematangan dalam bermain cello. Unung Supardi merupakan seorang cellist yang oleh penulis ingin diteli ti karena ciri k hasnya dalam m emainkan karya tersebut. P enelitian ini difokuskan pada teknik dan ekspresi. Penelitian ini dilakukan den gan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif analitik. D ata yang disajikan kemudian dianalisis menggunakan teori dan kajian pustaka kemudian dita rik kesimpulan. Dalam memainkan six suite tone color yang dihasilkan Unung Supardi cenderung tebal dan berat , adanya g radasi dinamika, serta tempo yang statis dan penggunaan vibrato yang ekspresif, secara garis besar berlawanan dengan gaya musik barok . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa dalam seni interpretasi khususn ya dalam memainkan six suite tidak ada keabsahan bagaimana cara bermain yang benar maupun yang salah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan me njadi referensi bagi murid cello ketika mempelajari karya ini. Kata Kunci: Cello, Interpretasi, Suite B ach
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 08:18 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40071 |
Actions (login required)
View Item |