KAJIAN KONSENTRASI LARUTAN PENYALUT (Susu Skim, Fero Fumarat dan Tiamin) DAN JENIS VARIETAS BERAS TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI BERAS

Dian Komala Sari, 133020367 and Asep Dedy Sutrisno, DS (2018) KAJIAN KONSENTRASI LARUTAN PENYALUT (Susu Skim, Fero Fumarat dan Tiamin) DAN JENIS VARIETAS BERAS TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI BERAS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
133020367 Dian komala Sari watermark-converted.pdf

Download (257kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan protein, zat besi dan tiamin pada beras varietas IR 64-3 dan varietas IR 42 yang ditambahkan susu skim, fero fumarat dan tiamin sebagai larutan fortifikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan zat gizi harian yang dibutuhkan untuk menekan timbulnya defisiensi vitamin dan mineral. Rancangan percobaan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 2 dan ulangan sebanyak 4 kali. Faktor pertama adalah konsentrasi larutan fortifikan (f) terdiri dari f1 (7%), f2 (14%), dan f3 (21%). Faktor kedua adalah varietas beras (v) terdiri dari v1 (IR 64-3) dan v2 (IR 42). Respon penelitian adalah analisis kimia meliputi kadar protein, kadar besi, kadar tiamin dan kadar air serta analisis organoleptik berdasarkan uji hedonik terhadap atribut warna, aroma dan rasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi larutan fortifikan dan varietas beras berpengaruh terhadap kadar protein, kadar besi dan kadar tiamin pada fortifikasi beras varietas IR 64-3 dan IR 42. Interaksi antara konsentrasi larutan fortifikan dan varietas beras berpengaruh terhadap kadar protein dan kadar tiamin pada beras fortifikasi. Hasil uji hedonik untuk beras fortifikasi dengan atribut warna menunjukkan konsentrasi fortifikan dan interaksinya tidak berpengaruh nyata terhadap beras fortifikasi. Sedangkan faktor varietas beras berpengaruh nyata terhadap beras fortifikasi. Dalam hal atribut warna menunjukkan konsentrasi fortifikan berpengaruh nyata terhadap beras fortifikasi sedangkan faktor varietas beras dan interaksinya tidak berpengaruh nyata terhadap beras fortifikasi. Dan dalam atribut rasa untuk nasi fortifikasi, menunjukkan konsentrasi fortifikan, varietas beras dan interaksinya tidak berpengaruh nyata terhadap nasi fortifikasi. Kata kunci : Beras IR 64-3 , Beras Putih IR 42 , Fortifikasi, Protein, Besi, Tiamin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:07
Last Modified: 29 Oct 2018 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40067

Actions (login required)

View Item View Item