AKIBAT HUKUM INDONESIA SEBAGAI PESERTA UNITED NATION CONVENTION ON THE RIGHT OF THE CHILD (UNCRC)1989 DALAM PERLINDUNGAN HAK PENDIDIKAN ANAK

RISTA ALMIRA MARMORA, 141000358 (2018) AKIBAT HUKUM INDONESIA SEBAGAI PESERTA UNITED NATION CONVENTION ON THE RIGHT OF THE CHILD (UNCRC)1989 DALAM PERLINDUNGAN HAK PENDIDIKAN ANAK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
F. BAB 1_2.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB 2.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H.BAB 3.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
J. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
I.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
D. DAFTAR ISI mora.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Anak mempunyai hak-hak yang harus dijaga dan dipenuhi dalam kehidupannya. Seperti hak bermain, mendapat kesehatan, hak mendapatkan identitas, hak untuk rekreasi dan hak mendapatkan pendidikan. Aturan-aturan dalam penerapan dan perlindungan hak anak ini telah dibuat secara internasional melalui United Nation Convention on The Right of The Child, yang telah diratifikasi Indonesia melalui KepRes No.36 Tahun 1990. Salah satu hak anak yang paling penting adalah hak mendapatkan pendidikan. Karena pendidikan berperan sebagai sebuah media untuk meningkatkan perkembangan anak. Akibat hukum Indonesia meratifikasi konvensi ini adalah dalam pembentukan peraturan perundang-undangan nasional, Indonesia haruslah menggunakan prinsip-prinsip yang sama berdasarkan konvensi tersebut. Metode Pendekatan yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis normatif dan hasil penelitiannya disajikan secara deskriptif analitis dengan mengkaji dan meneliti data-data sekunder berupa sumber-sumber hukum internasional dan bahan-bahan kepustakaan terkait untuk mengetahui dan memahami tentang Akibat Hukum Bagi Indonesia Sebagai Peserta United Nation Convention on The Right of The Child, (UNCRC) 1989, Dalam Perlindungan Hak Pendidikan Anak. Berdasarkan data-data yang penulis kumpulkan, terdapat beberapa aturan-aturan mengenai pendidikan di Indonesia yang menggunakan prinsip-prinsip yang sama dengan United Nation Convention on The Right of The Child yaitu, Undang-undang No. 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang no.39 tahun 1999, tentang Hak Assi Manusia yang didalamnya terdapat hak-hak manusia secara luas, termasuk hak anak di dalamnya dan juga Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Regulasi ini adalah bentuk komitmen pemerintah dalam melindngi dan memenuhi hak-hak anak terutama dalam hak anak atas pendidikan. Memang, dalam penerapannya terdapat beberapa kekurangan ataupun pelanggaran terhadap hak pendidikan anak. Seperti belum maksimalnya akses dan kualitas pendidikan di beberapa daerah di Indonesia. Dan dalam penyelesaian masalah tersebut, penulis dalam skripsi in telah membuat beberapa konsep solusi, diantaranya : dibentukya regulasi baru terkait ratifikasi United Nation Convention On The Right Of The Child yang sesuai dengan perkembangan zaman dan membuat sebuah Platform Online pemerintah berbentuk aplikasi smartphone untuk memperluas dan mempermudah akses pendidikan. Kata Kunci : United Nation Convention on The Right of The Child, Hak-hak Anak, Hak Anak Atas Pendidkan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Ramadhan S -
Date Deposited: 29 Oct 2018 06:36
Last Modified: 29 Oct 2018 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40036

Actions (login required)

View Item View Item